Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah MI Ma’arif Bego dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar dan Motivasi Guru

  • Muhammad Majdi STIQ Amuntai
  • Sartika Mei Mindasari
  • Jefri Faizal
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kemampuan Mengajar dan Motivasi

Abstrak

Pendidikan sekarang ini, untuk meningkatkan kinerja guru berbagai pihak terus menerus melakukan berbagai macam upaya dalam mewujudkan niat dan keinginan untuk mencapai hasil yang berkualitas. Oleh sebab itu gaya kepemimpinan yang dilaksanakan oleh pimpinan organisasi dibutuhkan untuk mendisiplinkan dan mengontrol perilaku manusia dalam bekerja. Karena pada dasarnya Gaya kepemimpinan penting untuk dilakukan karena fungsinya sebagai alat perbaikan bagi kinerja guru. Guru harus menunjukkan kinerja yang maksimal di dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pendidik, tetapi masih ada sebagian guru yang belum menunjukkan kinerja yang baik, maka dari itu gaya kepemimpinan yang baik akan menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas untuk menunjang kemampuan mengajar dan motvasi guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di lapangan dalam bentuk narasi. Untuk mengumpulkan data di lapangan peneliti melakukan observasi wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah MI Maarif bego yaitu gaya kepemimpinan demokratis dan transformasional. Gaya kepemimpinan tersebut mampu untuk meningkatkan kinerja guru yang ada di sekolah tersebut. Dan untuk melengkapi hal tersebut peneliti menawarka gaya kepemimpinan Ki Hajar Dewantara untuk melengkapi.

Referensi

Ali Mudlofir, Pendidikan Professional,Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Baharuddin dan Umiarso. Kepemimpinan Pendidikan Islam, antara teori dan praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. 2012.
Danim, Sudarwan. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2010.
Engkoswara, dan Aan Komariah. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2010.
John W. Creswell, Penelitian Kualitatif dan Desain Riset Terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Lexy J Moelong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya, 2004.
Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah : Konsep, Strategi dan Nasional dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Sinar Grafika. 2003.
Robbins. Organizational Theory: Structure, Design And Applications (3nd.ed) Englewood Cliffs. (New Jersey:Prentisice halls Inc. 1990.
Robbins, S. Dan Timothy A,J.. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat. Edisi ke16. 2010.
Soetopo, Hendyatno, Perilaku Organisasi Teori dan Praktek di Bidang Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya. 2012.
Sudarwan Danim, Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
Wiles, J., & Bondi. Principles of school Administration : The Real World of Leadership in Schools. (Columbus-Ohio: Bell & Howell Company. 1993.
Wenti Suparti. Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara Dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan: UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta. 2013.
Diterbitkan
2020-02-29
##submission.howToCite##
MAJDI, M.; MINDASARI, S. M.; FAIZAL, J. Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah MI Ma’arif Bego dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar dan Motivasi Guru. AL-FURQAN, v. 8, n. 2, p. 1-10, 29 Feb 2020.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##