Penggunaan Aplikasi Whatsapp Massanger sebagai Alternatif Pembelajaran E-Learning di Madrasah Ibtidaiyah

  • Nafi' Mukharomah IAI Ngawi
Kata Kunci: pembelajaran e-learning, WhatsApp Messenger

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak yang saat ini terjadi di dunia pendidikan selama pandemi yang terjadi khususnya di Indonesia. Sistem belajar yang dialihkan untuk bbelajar di rumah membuat pembelajaran dilakukan secara e-learning. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran secara e-learning melalui Grup WhatsApp Messenger yang telah dilakukan  siswa Madrasah Ibtidaiyah. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 siswa kelas V MI Salafiah Tanjungsari Jogorogo kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan terhadap aktivitas chat di dalam Grup WhatsApp, dokumentasi, serta wawanca. Adapun hasilnya didapatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran secara online melalui Grup WhatsApp  berjalan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari capaian hasil belajar mahasiswa yang menunjukkan 16 dari 21 siswa memperoleh nilai di atas 70. Selain itu, siswa juga akan belajar lebih mandiri, bertanggungjawab dan mendapatkan suasana belajar yang lebih santai

Referensi

Andika Prajana, Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp dalam Media Pembelajaran di Uin Ar-Raniry Banda Aceh, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2017.
Ibrahim, Doni Septumarsa dan Siti Partini Suardiman, Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta, Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 - Nomor 1, 2014.
Jumiatmoko. Whatsapp Messenger dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. Madina Sragen, 2016.
Moleong, L.J Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda, 2013.
Rahayu Noveandini dan Maria Sri Wulandari, Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online (E-Learning) Bagi Wanita Karir dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa/I Sekolah Dasar, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010) ISSN: 1907-5022.
Syed Lamsah Syed Chear, Pengajaran dan Pembelajaran Melalui Aplikasi Whatsapp dan Telegram di Universiti Swasta, Jurnal Pendidikan Malaysia 42(2)(2017).
Ucu, Nurlinda La Sary D.E. Paturusi dan Sherwin R.U.A Sompie, Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran, E-Jurnal Teknik Informatika Vol. 13 No.1 (2018) ISSN: 2301-8364.
Wicaksono, Vicky Dwi dan Putri Rachmadyanti, Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom di Sekolah Dasar, Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa.
Diterbitkan
2020-02-29
##submission.howToCite##
MUKHAROMAH, N. Penggunaan Aplikasi Whatsapp Massanger sebagai Alternatif Pembelajaran E-Learning di Madrasah Ibtidaiyah. AL-FURQAN, v. 8, n. 2, p. 43-50, 29 Feb 2020.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##