Kepemimpinan Madrasah Efektif dalam Peningkatan Mutu Madrasah Ibtidaiyah Al-Faat 2 Banggo Dompu

  • Muhasir Muhasir STAI AL AMIN DOMPU
Kata Kunci: Kepemimpinan Madrasah Efektif, Peningkatan Mutu Madrasah Ibtidaiyah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa kepemimpinan madrasah efektif diperlukan dalam peningkatan mutu madrasah di MI Al-Faat 2 Banggo Dompu dan bagaimana pelaksanaan kepemimpinan madrasah efektif di MI Al-Faat 2 Banggo Dompu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, Ketua Komite, Ketua Yayasan, Guru dan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan madrasah efektif dalam meningkatkan mutu madrasah yang dilakukan oleh kepala madrasah Miftahul Akhlaqiyah ialah selalu menetapkan fokus yang jelas mengenai tujuan pengembangan mutu madrasah dan prestasi siswa baik di lingkungan madrasah dan luar madrasah, (2) Kepemimpinan madrasah efektif yang selalu memerankan kepemimpinan kolektif dan memerankan keteladanan pada seluruh level kegiatan di madrasah maupun luar madrasah sehingga berpenampilan diri sebagai panutan, (3) Mengevaluasi perkembangan kinerja guru dan siswa, agar prestasi guru dan siswa tercapai tujuan maksimal. Sehingga dampak kepemimpinan madrasah efektif ini adalah meningkatkan semangat kerja guru madrasah, meningkatkan keefektifan kerja tim staf dan guru madrasah, serta bisa meningkatkan prestasi belajar peserta didik secara optimal.

Referensi

Azis, Amrullah, “Peningkatan Mutu Pendidikan” Jurnal Pendidikan Islam Stai Pancawahana Bangil, Volume 4 Nomor 2, April-Juni (2014), 22. Diakses pada tanggal 11 April 2019.
Hasbullah, “Menejemen Srtategi Mutu Terpadu Dalam Pendidikan” Jurnal Manajemen Pendidikan islam, IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, Volume 4, Nomor 2, (2013), 17-18. Diakses pada tanggal 2 Juni 2019.
Julianto, “Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Kepala MIS Nurul Falaq Islamic Full Day School Sistem Desa Bandar Labuhan Bawah Tanjung Morawa)” (Tesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2017), 146-147.
Junaidin, “Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung Volume 4 Nomor 12, Agustus (2018): 756‐812. Di akses 30 Mei 2019.
Kawakip, Akhmad Nurul “Paradigma Sekolah Unggul Dalam Perspektif Teori Multiple Intelligences” Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, Volume 5, and Nomor 1, Mei (2011): Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan IAIN Walisongo Semarang ISSN 1979-1739: 143. Diakses pada tanggal 17 April 2019.
Lestari, Slamet, “Perspektif Kepemimpinan Pendidikan Untuk Sekolah Efektif” Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, Volume 1 Nomor 4 Desember (2016), 321-336. Diakses pada tanggal 12 Mei 2019.
Mundir, “Konsep Manajemen Mutu Terpadu: Pengertian, Rasionalitas, Landasan dan Perbedaanya dengan Manajemen”, Journal JP3 Vol. 2 No. 1 (2012): 43-53.
Nurul, Akhmad Kawakip “Paradigma Sekolah Unggul Dalam Perspektif Teori Multiple Intelligences” Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, Volume 5, and Nomor 1, Mei (2011): Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan IAIN Walisongo Semarang ISSN 1979-1739: 143.
Putri, Fariani, dkk, “Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif di SMAN Se-Kabupaten Lumajang”. Jurnal manajemen pendidikan Volumen 3, Nomor 23 April-Mei 2012, 418-423. Diakses pada tanggal 18 Juni 2019.
Rahim, Husni, “Anatomi Madrasah di Indonesia,”dalam Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 2, Nomor 2, April-Juni 2004, 23. Diakses pada tanggal 27 Mei 2019.
Solechah, Quinnati, dkk, “Gaya Kepemimpinan Transformasional, Karakteristk Individu dan Motivasi Karyawan, Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan” Jurnal Profit Fakultas Ilmu Administrasi universitas Brawijaya, Volume 7 No. 1, Maret-Juli, (2016), diakses 2 Januari 2019.
Sriwidadi, Teguh, “Manajemen Mutu Terpadu”, Journal The Winners Vol.2 No. 2 (2001): 113.
Sudarsana, I Ketut, “Pemikiran Tokoh Pendidikan Dalam Buku Lifelong Learning: Policies, Practices, And Programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia)” Tenaga Pendidik pada Pascasarjana IHDN Denpasar, Jurnal Penjamin Mutu, Volume 11, Oktober (2017). 44. Diakses pada tanggal 17 Mei 2019.
Sudharta, Vonny Angeli, dkk, “Kepribadian Yang Baik Untuk Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah”, Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, Volume 1 Nomor 4 desember (2018), 440-447. Diakses pada tanggal 12 Februari 2019.
Sudharta, Vonny Angeli, Ibrahim Bafadal, Sultoni, “Kepribadian Yang Baik Untuk Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah”, Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, Volume 1 Nomor 4 desember (2018), 440-447.
Suparni, “Peningkatan Kepemimpinan Efektif” Jurnal Administrasi Pendidikan, Halaman Bahana Manajemen Pendidikan, Volume 2 Nomor 1, Juni (2014): 729‐831. Di akses 26 Februari 2019.
Suti, Marus, “Strategi Peningkatan Mutu do Era Otonomi Pendidikan” Jurnal Medtek, Volume 3 2, Oktober (2011). 112. Diakses pada tanggal 12 Februari 2019.
Usman, Asamad, “Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” Jurnal Pionir, Volume 1 Nomor 1, Juli-Dersember (2013), 44. Diakses pada tanggal 21 Juni 2019.
Sumber Buku.
Amtu, Onisimus, Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah, Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2011.
Anwar, Moch. Idochi, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Arcaro, Jerome S., Pendidikan berbasis mutu (Terjemahan Yosal Iriantara), Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2007.
Bush, Tony & Marianne Coleman, Leadership and Strategic Management in Education, (Jogjakarta: IRCiSoD, 2006.
Danim, Sudarwan, Kepemimpinan pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
Danin, Sudarwan dan Suparno, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolahan, 90.
Djafri, Novianty & Abdul Rahmat, Buku Ajar Manajemen Mutu Terpadu, Yogyakarta: Zahir Publishing, 2017.
Fatchurocman, Nanang, Madrasah Sekolah Islam Terpadu, Plus dan Unggulan, Depok: Lendean Hati Pustaka, 2012.
Hadis, Abdul & Nurhayati, Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012.
Haedari, Amin, Transformasi Pesantren, Pengembangan Aspek Pendidikan Keagamaan dan Sosial, Jakarta: LeKDiS, 2006.
Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Hasbullah, Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2015.
Kholid, Idham, Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Persepsi Guru, Malang: UMM, 2008.
Makawimbang, Jerry H. , Kepemimpinan Pendidikan Bermutu, Bandung: Alfabeta, 2012.
Mulyasa, E., Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Mulyasa, E., Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi dan, Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Mulyasa, E., Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Edisi 2 Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Nasution, Nur,Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Bogor: Ghalia, 2015
Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Gramedia, 2003.
Pardey, David, Effective Meetings for Managers “Fifth edition” Published for the Institute of leadership & management, London: Elsevier, 2007.
Rahman, Bujang, Manajemen Mutu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan: Teori dan Praktik Produktivitas, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Raihani, Kepemimpinan Sekolah Transformatif, Yogyakarta: LkiS Printing Cemerlang, 2010.
Rohiat, Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik, Bandung: RefikaAditama. 2009.
Rosyada, Dede, Madrasah dan Profesionalisme Guru Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah, Depok: Kencana, 2017.
Scheerens, Jaap, Peningkatan Mutu Sekolah, Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 2003.
Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Misbah, Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Volume 11 Cetakan ke VII, Jakarta: Lentera Hati, 2007.
Sulaksono, Manajemen Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Suwaidan, Thariq, & Basyarahil Faishal Umar. Melahirkan Pemimpin Masa Depan, Jakarta: Gema Insani, 2010.
Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2010.
Syafaruddin. Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi, Dan Aplikasi Kebijakan. Jakarta: Rineka Cipta, 2017.
Syukur, Fatah, Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2011.
Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar, Bandung: Alfabeta, 2012.
Yunus, Firdaus M., Pendidikan Berbasis Realitas Sosial, Paulo Friere & YB. Mangunwijaya, Yogyakarta: Logung Pustaka, 2007.
Zahroh, Aminatul. Total Quality Management: Teori & Praktik Manajemen untuk Mendongkrak Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2014.
Zazin, Nur, Gerakan Menata Mutu Pendidikan: Teori dan Aplikasinya, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Zubaedi, Pendidikan Berbasis Masyarakat, Upaya Menawarkan Solusi terhadap Berbagai Problem Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Sumber Lainnya.
Al-Qur'an dan Terjemahannya, Al-Jumanatul Ali Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Quran Revisi Terjemahan Oleh Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an Departemen Agama Republik Indonesia, Jakarta: J-ART: 2005
Departemen Agama RI Majelis Pertimbangan dan Pemberdayaan Pendidikan Agama dan Keagamaan MP3A, Profil Madrasah Masa Depan.
TGH Hasanain Juani, “Pemimpin Madrasah Nurul Haramain NTB, Penerima Penghargaan Internasional Ramon Magsaysay.” Lihat: A. Khoirul Anam (Koord.), Keteladanan Sosok Para Guru Madrasah Inpiratif, Jakarta: Dirjen Pendis, 2015.
Undang-undan Sistem Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 1989.
Undang-undan Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Diterbitkan
2020-09-30
##submission.howToCite##
MUHASIR, M. Kepemimpinan Madrasah Efektif dalam Peningkatan Mutu Madrasah Ibtidaiyah Al-Faat 2 Banggo Dompu. AL-FURQAN, v. 9, n. 1, p. 1-10, 30 Sep 2020.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##