Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Fasilitator dalam Ikhtiar Mewujudkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Dompu Tahun 2020

  • Firmansyah Firmansyah STAI AL AMIN DOMPU
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Fasilitator, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini  merupakan penelitian lapangan Kualitatif Deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analsis data menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif, yaitu mendiskripsikan dan menginterpretasikan data data yang telah didapat sehingga mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Objek Penelitian di SMP Negeri 3 Dompu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Ikhtiar guru sebagai fasilitator dalam mewujudkan kebiasan belajar siswa SMP Negeri 3 Dompu? Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, Ikhtiar guru sebagai fasilitator dalam mewujudkan kebiasan belajar siswa SMP Negeri 3 Dompu sudah berjalan namun belum keseluruhan dari sebelas Ikhtiar guru sebagai fasilitator diterapkan dengan baik. Dari observasi dan wawancara ditemukan bahwa kedua guru PAI SMP Negeri 3 Dompu sudah berusaha menjalankan Ikhtiarnya sebagai fasilitator seperti berusaha mendengarkan kebutuhan peserta didik, bersikap sabar, memfasilitasi kegiatan pembelajaran, menghargai peserta didik, bersikap positif, membangun suasana keakraban dan kmunikasi personal serta bersikap sederajat di depan peserta didik. Namun terkadang masih terlihat sikap guru kurang sabar, masih sesekali berusaha menceramahi siswa. Faktor yang menghambat Ikhtiar guru sebagai fasilitator dalam mewujudkan kebiasan belajar siswa SMP Negeri 3 Dompu? Faktor penghamabat masih belum maksimalnya Ikhtiar guru sebagai fasilitator adalah faktor kebiasaan guru dalam mengajar dimana selama ini guru sudah terbiasa mengajar dengan pola lama dan ini sangat kuat mempengaruhi gaya guru saat mengajar. Selain itu, penguasaan guru terhadap teori Ikhtiar guru sebagai fasilitator masih belum maksimal.

Referensi

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Lembar Negara Republik Indonesia, Jakarta, 2007
Muhammad Asrori, Psikologi Pembelajaran, CV. Wacana Prima, Bandung, 2009
Mohammad Surya, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Pustaka Bani Quraiay, Yogyakarta 2014
Sindhunata. Pendidikan Kegelisahan Sepanjang Zaman, Kanisius, Yogyakarta, 2001
Wina Senjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2008
Sindhunata, Pendidikan Kegelisahan Sepanjang Zaman, Kanisius, Yogyakarta, 2001
Oemar, Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Sinar Grafika, 2008
UU RI No. 14 Thn 2005, Tentang Guru Dan Dosen, Jakarta: Sinar Grafika, 2014
Rokhmat Mulyana, Model Pembelaaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Saadah Pustaka Mandiri, 2013
Syaiful Bahri Djamarah, Guru Dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Zakiah Daradjat, dkk, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 2001
Tobroni, Pendidikan Islam: Paradigma Telogis, Filosofis dan Spiritualitas, Universitas Muhammadiyah Malang Press, Malang, 2008
Syaifl Bahri Djamarah, Guru Dan Anak Didik, Jakarta: Rineka CIPTA, 2010
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Terjemah, Solo: Tiga Serangkai, 2016
Wina Senjaya, Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2008
Sindhunata, Pendidikan: Kegelisahan Sepanjang Zaman, Kanisius, Yogyakarta, 2001
Syaiful Bahri Djamarah, Guru Dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Zakiah Daradjat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2005
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2012,
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta, 2012
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2008
Sutrisno Hadi, Metodologi Riset, Andi offset, Yogyakarta, 1990, Cet. Ke-1
Bungin, B, Penelitian Kualitatif, Prenada Media Group, Jakara, 2007
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2014
Sutopo, H.B. Metode Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian, Sebelas Maret Universitas Press, Surakarta, 2012
Maman Rachman, Strategi dan Langkah-langkah Penelitian, IKIP Semarang Press, Semarang, 2010
Usman, Husaini, Metodologi Penelitian Sosial, Bumi Aksara, Jakarta, 2014
Diterbitkan
2020-09-30
##submission.howToCite##
FIRMANSYAH, F. Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Fasilitator dalam Ikhtiar Mewujudkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Dompu Tahun 2020. AL-FURQAN, v. 9, n. 1, p. 35-42, 30 Sep 2020.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##