Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Pendidikan Agama Islam

  • Miskan Miskan
  • Sofyan Syamratulangi STKIP Al-Amin Dompu
Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Pendidikan nilai merupakan inti dalam pendidikan agama Islam, karena tujuan dari pendidikan adalah mendidik perilaku manusia yang didalam ajaran Islam dikenal dengan mendidik akhlak mulia yang berdasarkan Al-Quran dan Hadis. Melalui pendidikan nilai, maka tujuan, materi, metode, kegiatan evaluasi, maupun pendidik dalam pendidikan agama Islam harus mendukung agar suatu tujuan pendidikan nilai tersebut tercapai. Implementasi nilai pendidikan dalam pendidikan agama Islam dapat membantu peserta didik lebih jelas dalam memahami nilai-nilai pendidikan agama Islam dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupannya sehari-hari, sehingga segala pengaruh negatif dari perubahan zaman dapat diantisipasi peserta didik dengan lebih baik

Referensi

Al Munawar, S. A. H. (2005). Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam (II). Ciputat: Ciputat Press.
Arifin, M. (2012). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Aslan. (2017). Pendidikan Remaja Dalam Keluarga di Desa Merabuan, Kalimantan Barat ( Perspektif pendidikan Islam). Al-Banjari, 16(1), 122–135.
Bakhtiar, A. (2013). Filsafat Ilmu. Jakarta: Rajawali Press.
Bakri, H. (1970). Sistemik filsafat. Jakarta: Widjaja.
Faturrahman, M. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi, 4(1), 1–25.
Hidayati. (2016). Pendidikan Anti Korupsi Tinjauan Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 100–128.
Hitami, M. (2004). Mengonsep Kembali Pendidikan Islam. Riau: Infinite Press.
Ibrahim, M. (1990). Pendidikan Agama Islam Untuk Mahasiswa. Yogyakarta: Erlangga.
Ismail, S. (2013). Tinjauan Filosofis Pengembangan Fitrah Manusia dalam Pendidikan Islam. At-Ta’dib, 8(2), 242–263.
Jalaluddin. (1997). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Jalaluddin, & Idi, A. (1997). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Baya Madya Pratama.
Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239.
Kattsoff, L. O. (1992). Pengantar Filsafat (V). Yogyakarta: Tiara Wacana.
Kurikulum. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1), 47–64.
M, A. (2005). Etika dan Pendidikan. Yogyakarta: LSFK2P dan Aditiya Media Pekanbaru.
Mahyuddin. (1999). Kuliah Akhlaq Tasawuf. Jakarta: Kalam Mulia.
Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidkan Islam. Bandung: Rosda Karya.
Muhmidayeli. (2007). Membangun Paradigma Pendidikan Islam. Pekanbaru: PPs UIN Suska Riau.
Muhmidayeli. (2013). Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Mulyana, R. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Muspiroh, N. (2016). Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA ( Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484–498.
Mustansyir, R., & Munir, M. (2001). Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Media.
Najahah. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM Metro, 14(2), 135–147.
Qodir, Z. (2014). Deradikalisasi Islam dalam Perspektif Pendidikan Agama. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 85–107.
Ramayulis, & Nizar, S. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ridlwan, N. A. (2013). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Komunika, 7(1), 1–11.
Rifai, M. (2016). Peranan Orang Tua Sebagai Wali, Pembimbing, dan Pendidik Pada Perkembangan Anak Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Premiere Educandum, 1(1), 1–10.
Rohinah. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pengembangan Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup Bagi Anak Usia Dini Di RA UIN Sunan Kalijaga Dan TK Khalifah. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–14.
Sadulloh, U. (2007). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukitman, T., & Ridwan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Nilai (Living Values Education) Dalam Pembelajaran IPS (Studi Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Tingkat Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 30–41.
Sukring. (2016). Pendidik dalam Pengembangan Kecerdasan Peserta didik ( Analisis Perspektif Pendidikan Islam). Tadris, 1(1), 57–68.
Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Sma. Jurnal Promosi : Jurnal Pendidikan Ekonomi Metro, 3(1), 36–49.
Ulwan. (1992). Pendidikan Anak Menurut Islam Kaidah-kaidah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Warsito, L. choiril. (2012). Pengantar Filsafat. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.
Wathoni, K. (2013). Implementasi Pendidikan Inklusi Dalam Pendidikan Islam Kharisul. Ta’allum, 1(1), 99–109.
Wihadi, A. (1998). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Diterbitkan
2020-09-30
##submission.howToCite##
MISKAN, M.; SYAMRATULANGI, S. Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Pendidikan Agama Islam. AL-FURQAN, v. 9, n. 1, p. 11-22, 30 Sep 2020.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##