Manajemen Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan mutu Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima, NTB

Studi implementasi good university governance

  • Sitti Fatimah Azzahra STAI AL-AMIN DOMPU
Kata Kunci: Manajemen Perguruan Tinggi, Mutu Pendidikan Tinggi, Good University Governance

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis tentang manajemen perguruan tinggi, mutu pendidikan tinggi serta penguasaan pengelolaan perguruan tinggi (good univeritu governance) di Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima dalam rangka mencari jawaban permasalahan mengenai: (1) Bagaimana deskripsi manajemen perguruan tinggi Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima. (2) Bagaimana upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi. (3) Apa saja prinsip-prinsip Good University Governance untuk meningktkan mutu pendidikan. (4) Apa saja hambatan dan tantangan manajemen perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen perguruan tinggi dalam penguasaan tata kelola lembaga merujuk pada fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan serta prinsip dari good university governance yang meliputi: (1) transparansi, (2) akuntabilitas, (3) responbilitas, (4) indenpendensi dan (5) keadilan. Secara umum implementasi penguasaan tata kelola perguruan tinggi telah terlaksana sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi. keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai IAIM Bima dalam upaya-upaya pengembangan mutu serta prinsip-prinsip pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi ialah: (1) Pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. (2) Terciptanya manajemen yang cukup baik dan efektif. (3) Peningkatan kompetensi dosen. (4) Peningkatan kualitas pembelajaran. (5) Peningkatan atmosfir akademik. (6) Perwujudan tujuan akademik. Adapun faktor penghambat Insititut Agama Islam Muhammadiyah Bima dalam impelementasi tersebut ialah hambatan internal dan external

Referensi

Ahmad Tamzeh, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2009
Bambang Sumardjoko, Membangun Budaya Bermutu Perguruan Tinggi, Surakarta: Pustaka Media; 2010
Buchori Alma, Manajemen Corporate Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2008
Daulat P. Tampubolon, Pergruan Tinggi Bermutu”Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21”, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka;1997
Direktorat jenderal pendidikan tinggi Departemen pendidikan nasional, Panduan pelaksanaan Sistem penjaminan mutu Perguruan tinggi (SPM-PT) Bidang akademik, Jakarta: 2006
Dudung Abdurrahman, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Kurnia kalam pustaka, 2003Edward salis, Total Quality Management in Education, Yogyakarta: IRCSiD, 2011
Jalal, Fasli dan Supariadi, Dedi. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Kerjasama Depdiknas, Bappenas, dan Adicita Karya Nusa, 2001.
Hanif S. Gafur, Manajemen Penjaminan Mutu Pergruan Tinggi Di Indonesia”Suatu Analisis Kebijakan”, Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2010
Harsono, Model-Model Pengelolaan Perguruan Tinggin”Perspektif Sosiopolitik”, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
Hisyam Zaini, Dkk, Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga, 2002
Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi ( SPM-PT ), Jakarta:2010
Made Pirdata, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Bina Aksara, 1998
Nanang Fatah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2004
Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah, Pedoman Pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2013
Rinda Hedwig, Model Sistem Penjaminan Mutu Proses Penerapan di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Garaha Ilmu, 2006
…………….., Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi”Monitoring dan Evaluasi Internal”, Yogyakarta: Garaha Ilmu, 2007
Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta: Aditya Media, 2008
Syaiful Sagala Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat “strategi memenangkan persaingan mutu”, Jakarta: Nimas Multima; 2004
Syahrizal Abbas, Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta: Prenada Media Group, 2009
Serian Wijatno, Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif dan Ekonomis untuk Meningkatkan Mutu Penyelenggara Pendidikan dan Mutu Lulusan, Jakarta: Selemba Empat, 2009
Sugiono, Metode Peneltian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2014
Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009
Sulistiowati Irianto, Otonomi Perguruan Tinggi “Suatu Keniscayaan”, Jakrta: Yasyasan Pustaka Obor Indonesia Anggota IKAPI, 20012
Taliziduhu Ndraha, Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta: Bina Aksara, 1988
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 Pasal 51.
Undang-Undang No 12 Tentang Pendidikan Tinggi Tahun 2012
Syuaiban Muhammad, Kepemimpinan dalam Sistem Penjaminan Mutu pendidikan tinggi, Jurnal Ilmiah WIDYA: Volume 2 Nomor 3 Agustus Desember 2014
M. Rosul Asmawi, Strategi Meningkatkan Lulusan bermutu Di Perguruan Tinggi, Makara, Sosial Humaniora, vol. 9, no. 2, Desember 2005
Diterbitkan
2020-09-30
##submission.howToCite##
AZZAHRA, S. F. Manajemen Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan mutu Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima, NTB: Studi implementasi good university governance. AL-FURQAN, v. 9, n. 1, p. 73-82, 30 Sep 2020.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##