Pengaruh Percaya Diri Siswa dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Pembelajaran di Sekolah MI An-Nisa

  • Syatriadin Syatriadin
Kata Kunci: Percaya diri, kemampuan Komunikasi, Pembelajaran

Abstrak

Komunikasi pendidikan merupakan sebuah proses interaksi dalam kegiatan pembelajaran, di mana siswa bisa saling menyampaikan ide-ide baik secara lisan maupun tulisan yang meliputi keahlian membaca, mendengarkan, diskusi, menjelaskan, menulis, menginterpretasikan dan mengevaluasi ide, simbol, istilah serta informasi. Selain dari itu simbol kepercayaan diri merupakan modal dasar yang paling utama dalam diri seseorang untuk bisa mengaktualisasikan diri. Ditinjau dari prosesnya, pendidikan merupakan sebagai salah satu bagian dari komunikasi serta sebagai proses terlibatnya dua komponen terdiri atas manusia, yakni pengajar sebagai komunikator dan pelajar sebagai komunikan. Alasan umum orang mengikuti kelompok kecil adalah belajar dari orang lain. Pada umumnya pendidikan berlangsung secara berencana di dalam kelas secara tatap muka (face to face), karena kelompoknya kecil dan terjadi komunikasi dalam bentuk komunikasi kelompok tetapi sewaktu-waktu dapat berubah menjadi komunikasi antar personal. Berdasarkan beberapa uraian kepercayaan diri, bisa disimpulkan bahwa kepercayaan diri adalah suatu keyakinan dan sikap yang dimiliki siswa akan kemampuan dirinya dan mampu mengembangkan serta mengolah dirinya dalam mengatasi berbagai macam permasalahan baik yang bersifat positif maupun negatif. Begitu juga dengan komunikasi disini bisa ditarik kesimpulan bahwa komunikasi ini sesungguhnya sebagai suatu proses interaksi dalam kegiatan pembelajaran, di mana nantinya para siswa bisa saling menyampaikan suatu ide dengan cara membaca dan mendengarkan serta menulis.

Referensi

Abudin Nata, 2014, Ilmu Pendidikan, Jakarta : Kencana
Abdurahman, M, 1999, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.
Arni Muhammad, 2000:183, Komunikasi Pendidikan, Jakarta Indonesia.
Alfabeta Tilaar, 1999. Pendidikan kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Deway, John, 2004. Experience and Education filsafat pendidikan john dewey, Bandung: Mizan.
Depdiknas, 2004, Materi Pelatihan Terintegrasi IPS Terpadu, Jakarta : Depdiknas.
Harahap, Poerbahawatja, 1982. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: PT Gunung Agung.
Hasbullah, 2001. Dasar- dasar ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Ibrahim Amini, (2014), Agar Tak Salah Mendidik, Bandung : Bumi Aksara.
James dalam Saraswati, 2014, Kepercayaan Diri, Surabaya : Insan Cendekia.
Jemmars. Mudyahardjo, 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung:
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Mahardika, 2014, Komunikasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Miarso Yusufhadi, 1986. Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Miarso, 2007. Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Pustekom Diknas.
Mizan Nasution.1987. Teknologi Pendidikan. Bandung:
Naisbitt, 2002. High tech high touch. Bandung:
Onong Uchjama, 1999:11, Proses Komunikasi, Surabaya : Penerbit SIC.
Remaja Rosdakarya. Salim, 1985. Then Contemporary English- Indonesia dictionary. Jakarta: Modern English Pers.
Sudirman AM, 2005, Interaksi dan Motivasi dalam Proses Belajar Mengajar. Malang : Bumi Aksara.
Saliman, Sudharsono. 1993. Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Seels, Richey. 1994. Teknologi Pendidikan definisi dan kawasannya. Jakarta: UNJ
Sutisna, 2010, Kelebihan dan Kelemahan Belajar Dengan Pendekatan Problem Posing, (Online), Tersedia:http://Sutisna.com/artikel/artikel-kependidikan/kelebihan dan kelemahan-pembelajaran-dengan-pendekatan-problem-posing.
Suyitno, Amin, 2004, Pemilihan Model Pembelajaran dan Penerapan di Sekolah. Makalah pelatihan Bintek Guru-guru SMP. Semarang : Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah.
_______, 2003. UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
______, 1989. UU RI No 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Semarang: Aneka Ilmu.
Diterbitkan
2021-02-24
##submission.howToCite##
SYATRIADIN, S. Pengaruh Percaya Diri Siswa dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Pembelajaran di Sekolah MI An-Nisa. AL-FURQAN, v. 9, n. 2, p. 19-32, 24 Feb 2021.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##