Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam

  • Kisman Kisman STAI AL AMIN DOMPU
Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Tulisan ini membahas tentang peran pendidikan agama Islam di sekolah dalam pembentukan karakter bagi peserta didik. Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu pilar pendidikan karakter yang paling utama. Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika dimulai dari tertanamnya jiwa keberagamaan pada anak, oleh karena itu materi PAI di sekolah menjadi salah satu penunjang untuk pendidikan karakter. Melalui pembelajaaran PAI siswa diajarkan aqidah sebagai dasar bagi keagamaannya, diajarkan al - Quran dan al hadis sebagai pedoman hidupnya, diajarkan fiqih sebagai rambu-rambu hukum dalam beribadah, mengajarkan sejarah Islam merupakan sebuah keteladan hidup, dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman prilaku manusia apakah dalam kategori baik ataupun buruk. Oleh karena itu, tujuan utama dari Pembelajaran PAI adalah pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu pula, keberhasilan pembelajaran PAI di sekolah salah satunya juga ditentukan oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat.

Referensi

Abidin Ibnu, 1998. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Ajat, 2011, Mengapa Pendidikan Karakter?, Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 1, No. 1. Rusn,
Atikah Mumpuni, Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013, Jakarta: Deepublish, 2018
Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendiknas, Kerangka Acuan Pendidikan Karakter, 2010, h. 9 3
Farid Ahmadi dan Hamidulloh Ibda, Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik, Semarang, Jawa Tengah: Pilar Nusantara, 2018
Hamlan Andi Baso Malla, ‚Kajian Sosio Historis Tentang Politik Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia‛, Inspirasi, Nomor XIV Edisi Oktober 2011
Imam Mohtar, Problematikan Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Masyarakat, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2017
Mahmud, Ali Abdul Halim, 2003, Tarbiyah Khuluqiyah Pembinaan Diri Menurut Konsep Nabawi, Terj Afifudin, Solo, Media Insani. Permendiknas No 22 Tahun, 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Dasar Dan Menengah.
Permendiknas No 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Dasar Dan Menengah,
Ridla, Muhammad Jawwad, 2002. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam Perspektif Sosiologis-Filosofis, Terj Mahmud Arif, Yogyakarta, Tiara Wacana Yogya Sudrajat
Rianawati, Implementasi Nilai-Nilai Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Pontianak: IAIN Pontianak Press, 2014
Suwito, 2004, Filsafat Pendidikan Akhlak Ibn Miskawaih, Yogyakarta, Belukar. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun, 2010- 2025 Ulwan, Abdullah Nasih, Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam, Terj Sefullah Kamalie Dan Hery Noer Ali, Jilid 2, Semarang, Asy-Syifa. Tt Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Shunhaji, Akhmad, ‚Islamic Religion Education Implementation in Catholic School Blitar City, East Jawa and the Impact on Participants of Social Interaction, dalam journal iiste, vol 9 No 36, 2018, https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/45784
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, h. 8
Diterbitkan
2021-02-24
##submission.howToCite##
KISMAN, K. Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. AL-FURQAN, v. 9, n. 2, p. 33-42, 24 Feb 2021.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##