Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah dengan Mengefektifkan Kelompok Kerja Kepala Sekolah melalui Supervisi Akademis Pengawas

  • Wahidin Pengawas Sekolah Kab. Sumbawa Barat - Indonesia
Kata Kunci: Kinerja Kepala Sekolah, Pembinaan, Supervisi Manajerial, Pengawas Sekolah

Abstrak

                                                                                   Abstrak: Kinerja kepala sekolah tidak hanya diukur berdasarkan pendidikan formal tetapi juga harus diukur berdasarkan bagaimana kemampuan kepala sekolah dalam menjlankan peran dan fungsinya di sekolah secara efektif dan dari segi akademik kepala sekolah juga dituntut agar dapat, menguasai, memilih dan menggunakan metode, media serta melaksanakan evaluasi pembelajaran, karena seorong kepala sekolah tidak hanya berperan sebagai manajer di sekolah tetapi ia juga haru berperan sebagai guru / pengajar di kelas. Untuk menunjang keberhasilan dalam perubahan-perubahan yang dilakukan dan diharapkan, perlu dipersiapkan kepala sekolah yang profesional, yang mau dan mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi terhadap berbagai kebijakan dan perubahan yang dilakukan. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh supervisi Manajerial pengawas dalam meningkatkan kinerja kepala sekolah dengan mengefektifkan kelompok kerja kepala sekolah (KKKS) di SD Binaan  wilayah Kecamatan Sekongkang. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah dengan mencapai standar ideal.Dari 58,75% pada Siklus l,dapat meningkat menjadi 68,89% pada siklus II, dan siklus ke III meningkat menjadi 80,56%. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan pengawas melalui supervisi Manajerial pengawas adalah efektif dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah di SD Binaan Gugus I Kecamatan Unter Iwes dengan ketercapaian 100%.  

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
     

Referensi

Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

________________.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Atmodiwiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 1991. Kepemimpinan Pengawas. Semarang: Adhi Waskitho.

Bafadal Ibrahim, 1979. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru, Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas RI 2007. Peraturan No 12 Tentang Kompetensi Pengawas.Jakarta : Depdiknas

____________. 2007. Peraturan Menteri No 13 Tentang Kompetensi Pengawas.Jakarta : Depdiknas.

____________2007. Peraturan Menteri No 19 Tentang Standar Pengelolaan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Depdiknas.

Dirjen PMPTK. 2009. Bahan Belajar Mandiri Dimensi Kompetensi Supervisi Manajerial. Jakarta: Dirjen PMPTK Depdiknas.

Duhou, Abu Ibtisan. 1999. School-Based Management. Paris: Unesco International Institue for Educational Planning.

Mulyasa E, 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Konsep, Stragtegi, dan Implementasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

__________, 2003. Menjadi Pengawas Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan MBK, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Pengawas. Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Diterbitkan
2021-08-24
##submission.howToCite##
WAHIDIN. Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah dengan Mengefektifkan Kelompok Kerja Kepala Sekolah melalui Supervisi Akademis Pengawas. AL-FURQAN, v. 10, n. 1, p. 51-64, 24 Agu 2021.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##