Konsep Pemikiran Doni Koesoema Albertus Tentang Pendidikan Karakter Ditinjau Dari Pandangan Pendidikan Islam

  • Purnamansyah STKIP Al-Amin Dompu, NTB
Kata Kunci: Pemikiran Doni Koesoema Albertus, Pendidikan Karakter, Pandangan Pendidikan Islam

Abstrak

Pendidikan karakter menurut pandangan Doni Koesoema Albertus adalah yang berasal dari rasional atau akal pribadi dengan berbagai macam dimensi, baik dari dalam maupun dari luar pribadinya. Pandangan pendidikan Islam, dasar pendidikan karakter adalah Al-quran dan Sunnah. karakter menurut Doni Koesoema Albertus adalah realitas kemampuan anak dalam pengamatannya sendiri. Sedangkan dalam pandangan pendidikan Islam, faktor yang mempengaruhi karakter adalah tingkah laku atau kebiasaan. Menurut Doni Koesoema Albertus adalah untuk memotivasi kinerja pendidikan dan sebagai tuntutan dalam masyarakat. Sedangkan, menurut pandangan pendidikan Islam, tujuan pendidikan karakter adalah penddikan karakter di lingkungan keluarga, local, nasional, dan internasional melalui adat istiadat, undang-undang, dan tatanan antar bangsa; mengembangkan watak atau tabiatnya secara konsisten dalam mengambil keputusan kehidupan bermasyarakat; untuk menghadapi masalah dalam masyarakat secara rasional; menggunakan pengalaman yang baik bagi pembentukan kesadaran dan tanggung jawab terhadap tindakannya. Guru yang dimaksud dalam pemikiran Doni Koesoema Albertus adalah guru sebagai pendidik karakter dalam sebuah masyarakat yang ditandai dengan perubahan nilai-nilai untuk meningkatkan visi dan inspirasi jiwa bagi kinerja lembaga pendidikan. Sedangkan dalam pandangan pendidikan Islam, guru adalah adanya hubungan timbal balik yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku anak didik ke arah kedewasaan susila yang cakap dan memberikan sejumlah ilmu pengetahuan dan membimbingnya. menurut Doni Koesoema Albertus adalah untuk mengetahui sejauh mana karakter yang dimiliki oleh anak didik. Sedangkan, dalam pandangan pendidikan Islam, evaluasi pendidikan karakter ditujukan untuk mengetahui keberhasilan dalam mengajar, dengan indikator karakter yang dapat anak didik.

Referensi

Abuddin Nata, M.A. 2012. Kapita Selekta Pendidikan Islam,Isu-Isu Kontemporer Tetang Pendidikan Islam. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.
Azwar, Saifudin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Abdul Majid, Dian Andayani. 2010. Pedidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama.
Abuddin Nata, M.A. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarte. Logos Wacana Ilmu.
Ahmad Tafsir. 2004. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung, Remaja Rosda Karya.
Arifin, 1987. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung. Bina Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad Amin. (1995). Etika (Ilmu Akhlak). Terj. oleh Farid Ma‟ruf. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. VIII.
Ainain, Ali Khalil Abu. 1985. Falsafah al-Tarbiyah fi al-Quran al-Karim. TTP. Daral-Fikr al-„Arabiy.
Akhdhiyat, 2007. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung, Insan Mandiri.
Al-Abrasyi, M. Athiyah. 1974. Dasar- Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta, Bulan Bintang.
Ahamad Amin, 1995, Etika (Ilmu Akhlak), Jakarta, Bulan Bintang.
Ahmad Tafsir. 1992. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung; Rosdakarya.
Bambang Q-Anees dan Adang Hambali. 2009. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Bandung; Sembiosa.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta PT. Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiyah, 2003, Ilmu Jiwa Agama. Jakarta, Bulan Baintang.
Djamarah. 2004. Pola Konikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Doni koesoema A. 2010. Pendidikan Karakter; Strategi Pandidikan Anak Di Zaman Global. PT Grasindo Jakarta.
Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Edisi III. Catakan kelima). Jakarta. Balai Pustaka.
Depdikbud, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dharma Kesuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter, Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Dicetek oleh PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Echols, M. John dan Hassan Shadily. (1995). Kamus Inggris Indonesia: An English- Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia. Cet. XXI.
Faisal Ismail. (1998). Paradigma Kebudayaan Islam. Yogyakarta: Titihan Ilahi Press.
Frye, Mike at all. (Ed.) (2002).Character Education: Informational Handbook and Guide for Support and Implementation of the Student Citizent Act of 2001. North Carolina: Public Schools of North Carolina.
Hurlock, Elizabeth B. 1974 Personality Development; New York: McGraw-Hill Book Company.
Hasan Basri, 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung. Pustaka Setia.
Hamdani Ihsan. 2007. Filsafat Pendidikan Islam. bandung, Pustaka Setia.
Heni Zuhriah. 2008. Pendidikan Karakter (Studi Perbandingan Antara Kosep Doni Koesoema Dan Ibnu Miskawaih) Surabaya: IAIN Sunan Ampel.
Imam Barnadib, 1997. Filsafat Pendidikan Sistem Dan Metode, Yogyakarta. Andi Offset.
Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.
Lexy J Moleong, 1989. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press
Miles, Mathewai B dan Haberman Micael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Yogyakarta ; Maja Rosdakarya.
Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta. Raja Grafindo.
Munawwir, Ahmad Warson. (1997). Al-Munawwir: Kamus Arab Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, Cet. XIV.
Muka Sa‟id. (1986). Etika Masyarakat Indonesia. Jakarta: Pradnya Paramita.
Nazir, Muhammad. 1985. Metode Penelitian. Jakarta; Galia Indonesia.
Nawawi, Hadari. 1991. Metode Penelitian Bidang Social. Yogyakarta; Mada University Press.
Ppm, 2009, Usulan Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Bermutu, 2010-2015, UMS, Solo.
Pusat Bahasa Depdiknas, 2008: 682). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa. Cet. I.
Ratna Megawangi. 2007. Semua Berakar Pada Karakter. Jakarta Lembaga Penerbit FE-UI
Ryan, Kevin & Bohlin, Karen E. (1999). Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey Bass.
Saifuddin Aman. 2008. 8 Pesan Lukman Al-Hakim. Jakarta: Al Mawardi Prima
Syamsul Yusuf. 2002. Teori Kepribadian. Bandung. Rosdakarya.
Surachmad, Winarno. 1990. Pengatar Penelitian Ilmiah. Bandung Tarsito.
Thomas Lickona, Educating For Character: How Our School Can Teach Respect And Responsibility (New York: Bantam Books, 1991), h. 51.
Tim penyusun, 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ulwan. Abdullah Nashih. 2002. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta. Pustaka Amami.
Umar, Bukhari, M. Ag, 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta, Amzah. .
Yunahar IIyas. 2002. Kuliah Akhlah. Yogyakarta; Lembaga Pengkajian Dan Pengelaman Islam LPPI.
Diterbitkan
2023-01-20
##submission.howToCite##
PURNAMANSYAH. Konsep Pemikiran Doni Koesoema Albertus Tentang Pendidikan Karakter Ditinjau Dari Pandangan Pendidikan Islam. AL-FURQAN, v. 11, n. 2, p. 18-28, 20 Jan 2023.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##