PEMBERITAAN MEDIA PENGARUHI POLA PIKIR DAN TINGKAH LAKU MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19
Keywords:
Covid-19, Media Massa, Pola Pikir, Tingkah Laku
Abstract
Awal tahun 2020, dunia dikejutkan dengan adanya wabah virus Covid-19. Sejak saat itu, pola kehidupan masyarakat Indonesia secara perlahan berubah dan mengikuti aturan maupun protokol Covid-19. Informasi-informasi yang didapat baik dari media maupun dari pihak lain untuk mencegah penularan Covid-19 akan diikuti oleh masyarakat. Pemberitaan dari media akan mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku yang diambil oleh masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif. Simpulan dari penelitian ini adalah ketidakpastian situasi dan sederetan peraturan baru yang dibuat oleh Pemerintah menyebabkan kecemasan di masyarakat. Kecemasan akan bertambah jika masyarakat mendapat berita atau informasi yang kurang tepat. Termasuk timbulnya tingkah laku panic buying yang mengakibatkan masyarakat membeli kebutuhan secara berlebih, terutama untuk suatu produk. Pemilihan media massa yang tepat menjadi hal terpenting agar masyarakat tidak mudah cemas dan menimbulkan tingkah laku berlebihan terhadap suatu halReferences
Aprilia, Cindy Sovhie. 2021. Perilaku Panic Buying dan Berita Hoaks Covid-19 Di Kota Bandung. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 10, No. 1, Januai 2021, hlm 11-26.
Buana Riksa, D. 2020. Analisa Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa, 07 (03).
Chadiza Syafina, D. 2020. Panic Buying dan Dampaknya Terhadap Ekonomi.
Chaplin, James P. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah Dr. Kartini Kartono. Jakarta: Rajawali Pers.
Feriyani, B., dan Fitri A. R. 2011. Perilaku Seksual Pranikah Ditinjau Dari Intensitas Cinta Dan Sikap Terhadap Pornografi Pada Dewasa Awal. Jurnal. Vol. 7/No.2/Desember. Riau: Universitas Islam Negeri Sultas Syarif Kasim.
Hamilton, R., Vohs, K. D., Sellier, A.-L., & Meyvis, T. (2011). Being of two minds: Switching mindsets exhausts self-regulatory resources. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 115(1), hlm. 13–24.
Hermanto, Ariestanengsih. 2021. Fenomena Panic Buying dan Peningkatan Penggunaan Media di Tengah Pandemi. https://yoursay.suara.com/kolom/2021/07/07/061948/fenomena-panic-buying-dan-peningkatan-penggunaan-media-di-tengah-pandemi, diakses pada tanggal 24 Juli 2021.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial (Kualitatif Dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Kalia, Ba’its Shalu Chandani. 2021. Analisis Penyebaran Berita Hoaks Pandemi Covid-19 Di Bondowoso Melalui Facebook. http://repository.unmuhjember.ac.id/8721/, diakses pada tanggal 24 Juli 2021.
Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noor, J. 2017. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis. Jakarta : Salamba Medika.
Nurudin, 2017. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Intrans Publishing.
Putra, Arif. 2020. Penjelasan Ahli Mengenai Perilaku Panic Buying di Tengah Pandemi Virus Corona. https://www.sehatq.com/artikel/panic-buying-di-tengah-krisis-dan-wabah-corona-apa-penyebabnya, diakses pada tanggal 24 Juli 2021.
Reber, Arthur S., Emily S. Reber. 2010. Kamus Psikologi. Penerjemah Yudi Santoso, S. Fil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Soegiharto, R. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Pikir. https://rachmatsoegiharto.blogspot.com/search?q=faktor-faktor+yang+mempengaruhi+ pola+pikir, diakses pada 24 Juli 2021.
Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana.
Buana Riksa, D. 2020. Analisa Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa, 07 (03).
Chadiza Syafina, D. 2020. Panic Buying dan Dampaknya Terhadap Ekonomi.
Chaplin, James P. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah Dr. Kartini Kartono. Jakarta: Rajawali Pers.
Feriyani, B., dan Fitri A. R. 2011. Perilaku Seksual Pranikah Ditinjau Dari Intensitas Cinta Dan Sikap Terhadap Pornografi Pada Dewasa Awal. Jurnal. Vol. 7/No.2/Desember. Riau: Universitas Islam Negeri Sultas Syarif Kasim.
Hamilton, R., Vohs, K. D., Sellier, A.-L., & Meyvis, T. (2011). Being of two minds: Switching mindsets exhausts self-regulatory resources. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 115(1), hlm. 13–24.
Hermanto, Ariestanengsih. 2021. Fenomena Panic Buying dan Peningkatan Penggunaan Media di Tengah Pandemi. https://yoursay.suara.com/kolom/2021/07/07/061948/fenomena-panic-buying-dan-peningkatan-penggunaan-media-di-tengah-pandemi, diakses pada tanggal 24 Juli 2021.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial (Kualitatif Dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Kalia, Ba’its Shalu Chandani. 2021. Analisis Penyebaran Berita Hoaks Pandemi Covid-19 Di Bondowoso Melalui Facebook. http://repository.unmuhjember.ac.id/8721/, diakses pada tanggal 24 Juli 2021.
Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noor, J. 2017. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis. Jakarta : Salamba Medika.
Nurudin, 2017. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Intrans Publishing.
Putra, Arif. 2020. Penjelasan Ahli Mengenai Perilaku Panic Buying di Tengah Pandemi Virus Corona. https://www.sehatq.com/artikel/panic-buying-di-tengah-krisis-dan-wabah-corona-apa-penyebabnya, diakses pada tanggal 24 Juli 2021.
Reber, Arthur S., Emily S. Reber. 2010. Kamus Psikologi. Penerjemah Yudi Santoso, S. Fil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Soegiharto, R. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Pikir. https://rachmatsoegiharto.blogspot.com/search?q=faktor-faktor+yang+mempengaruhi+ pola+pikir, diakses pada 24 Juli 2021.
Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana.
Published
2021-09-27
How to Cite
Yunita Indinabila. (2021). PEMBERITAAN MEDIA PENGARUHI POLA PIKIR DAN TINGKAH LAKU MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(3), 1-8. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i3.4395
Section
Articles
Copyright (c) 2021 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.