PENINGKATAN KUALITAS PENYUSUNAN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SDN GUGUS MAMBEN LAUK KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
Penyusunan RPP, Supervisi Akademik
Abstract
Permasalahan dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini adalah kualitas RPP tematik guru-guru SD Keamatan Wanasaba masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas Penyusunan RPP Guru-Guru Kecamatan Wanasaba tahun pelajaran 2020/2021 melalui supervisi akademik. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru yang ada di gugus Mamben Lauk Kecamatan Wanasaba. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2020 dengan tujuan RPP yang dibuat dapat digunakan dalam tahun pelajaran 2020/2021. Kegiatan penelitian meliputi (1) tahap persiapan proposal (2) membuat instrumen (3) pelaksanaan supervisi akademik secara kelompok (Penataran tingkat lokal) dalam siklus I dan supervisi akademik secara individu (percakapan individu) dalam siklus II (4) menganalisa data (5) pembahasan (6) membuat laporan. Penelitian tindakan sekolah (PTS) termasuk jenis penelitian kuantitatif menggunakan Analisis Diskrptif Komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan hasil siklus I teknik penataran tingkat lokal dan hasil siklus II dengan teknik percakapan pribadi. Supervisi akademik secara kelompok (penataran tingkat lokal). Hasil penelitian siklus I RPP yang dibuat oleh guru-guru masih belum maksimal maka perlu diadakan supervisi lagi pada siklus II yaitu pelaksanaan tindakan supervisi secara individual (percakapan individu). Hasil rata-rata kualitas RPP pada kondisi awal 58,5 (kategori kurang) Hasil rata-rata kualitas RPP pembelajaran tematik pada siklus I 75,6 (kategori baik). Peningkatan hasil siklus I dibanding kondisi awal 29,3 %. Sedangkan hasil rata-rata kualitas RPP pada siklus II 85,22 (kategori baik). Peningkatan hasil siklus II dibanding hasil siklus I 13%.References
Anonim, British National Formulary, BMJ Group and RPS Publishing, GGP Media GmbH, Possneck, Germanya.
Badab Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi, (Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Naskah Akademik Tentang Standar Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pendidikan.
Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Pemerintah 19 Tahun 2000 tentang Strandar Nasional Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdikbud. (1998). Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Pendasmen.
Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (2006). Pengelolaan Kegiatan Belajar (Pembelajaran Tematik) di SD, Pemprov Jawa Tengah, Semarang.
Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Purwanto, Ngalim. (1995). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Karya.
Purwanto. (1995). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Yulaelawati, Ella. (2004.) Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.
Badab Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi, (Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Naskah Akademik Tentang Standar Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pendidikan.
Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Pemerintah 19 Tahun 2000 tentang Strandar Nasional Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdikbud. (1998). Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Pendasmen.
Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (2006). Pengelolaan Kegiatan Belajar (Pembelajaran Tematik) di SD, Pemprov Jawa Tengah, Semarang.
Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Purwanto, Ngalim. (1995). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Karya.
Purwanto. (1995). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Yulaelawati, Ella. (2004.) Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.
Published
2022-06-30
How to Cite
Sapuan M Husain. (2022). PENINGKATAN KUALITAS PENYUSUNAN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SDN GUGUS MAMBEN LAUK KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(2), 68-82. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i2.5063
Section
Articles
Copyright (c) 2022 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.