STRATEGI MENINGKATKAN KWALITAS LAYANAN MELALUI KEGIATAN LAYANAN KELOMPOK DI SMPN 3 SUMBAWA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

  • Bujir Pengawas SMP Negeri Kabupaten Sumbawa
Keywords: Kwalitas Layanan, Kegiatan Layanan Kelompok

Abstract

Bertitik tolak dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa terutama peningkatan kompetensi Pembelajaran Layanan Bimbingan Konselingakan dapat dicapai apabila guru kelas di sekolah dasar dan menengah menguasai bahan ajar, metode pembelajaran serta melakssiswaan bimbingan dan konseling secara maksimal dan profesional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Adapun hasil penelitian ini adalah penerapan strategi Layanan Bimbingan Kelompok yang variatif dan inovatif dapat meningkatkan perhatian dan minat siswa, makin tumbuh rasa percaya diri dan rasa puas siswa serta semakin senang siswa melakukan tugas-tugas yang diberikan oleh guru yang pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan kompetensi Pembelajaran Layanan Bimbingan Konseling siswa SMPN 3 Sumbawa.

References

A. Paratno, Pius dan Al Barry, M. Dahlan, (2001). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Abdurrahim Farida, (2005), Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar dan menengah, jakarta Bumi Aksara

Abdurrahman Mulyono, (1999), Pendidikan bagi siswa berkesulitan belajar, Jakarta Rineka Cipta.

Abu Ahmadi, (1977), Pengantar Layanan Bimbingan Konselingdi Sekolah, Bandung CV Toha Putra.

Agus Suwanto (2004), Bahasa dan Sastra Indonesia kelas IV, Yokyakarta Citra Aji Parama.

Bambang Mulyanto (1999), Kamus lengkap Layanan Bimbingan KonselingMasa Kini, Surabaya Terbit Terang.

Depdiknas. (1999), Bahan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Dirjen Dikmenum.

Depdiknas. (2006), Kurikulum Tingkat Satuan pendidikanSekolah Dasar dan menengah, Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas (2006), Pedoman penyusunan Usulan Penelitian Tindakan Sekolah(Classroom Action Research), Jakarta: Dirjen Ketenagaan Depdiknas.

Depdiknas. (2003).Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Siswtem Pendidikan Nasional.

Djamarah, Syaful Bahari, dan Aswan. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Erman Anti dan Prayitno. (1999). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Gorys Kerap (1980), Komposisi Pengantar Kemahiran Bidang tertentu, Ende Plores Arnoldus.

Mulyono dkk (2004), Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk Sekolah dasar dan menengah kelas V, Semarang Siswaa Ilmu.

Poerwadarminta, W.J.S. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ridwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta.

Sukamadinata, Nana Syaodih. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

_______________________. (2004), Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung Remaja Rosda Karya.

Suryanto dan Agus Haryanto. (2007). Panduang Bealajr Bahasa dan Sastra Indonesia. Tangerang: Erlangga.
Published
2022-09-22
How to Cite
Bujir. (2022). STRATEGI MENINGKATKAN KWALITAS LAYANAN MELALUI KEGIATAN LAYANAN KELOMPOK DI SMPN 3 SUMBAWA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(3), 19-33. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i3.5072

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.