PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA

  • Mahsin SMP Negeri 1 Pringgasela

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran belajar mengajar pada materi kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama interaksi siswa dengan kelompoknya. Dengan menerapkan model Model Numbered Heads Together (NHT) , hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung dengan kegiatan berkelompok tentang materi yang dibahas pada saat itu. Kualitas pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan Hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah Ingin mengetahui peningkatan hasil belajar Model Numbered Heads Together (NHT)  pada siswa kelas VIII.3 SMPN 1 Pringgasela melalui model Model Numbered Heads Together (NHT) . Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 70%, dapat meningkat menjadi 85 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Model Numbered Heads Together (NHT)  dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan ketuntasan mencapai 93,75% pada  Siklus II

References

Achmad Rifa’I dan Chatarina Tri Anni.2009, Psikologi pendidikan.Semarang Unnes Press.
BSNP. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: BSNP.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas, 2006. Permen Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas.
Huda Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Maryam, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SDN 21 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 5 (3), hlm. 169-176.
Mulyani Sumantri dan Johar Permana, 1999, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Nurhadi, dkk. 1999. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya. Malang: UM Press.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana . 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Surabaya:Kencana
Published
2022-12-28
How to Cite
Mahsin. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(4), 40-55. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i4.5181

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.