PENGARUH PENGGUNAAN METODE TAMYIZ TERHADAP KEMAMPUAN MENERJEMAHKAN TEKS BAHASA ARAB KELAS X MA SYAIKH ZAINUDDIN NAHDLATUL WATHAN ANJANI

  • Majid Ahmad Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
Keywords: Metode Tamyiz, Kemampuan Menerjemahkan Teks

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh penggunaan metode Tamyiz terhadap kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab Kelas X MA Syaikh Zainuddin NW Anjani. Masalahnya adalah bagaimana pengaruh yang ditimbulkan oleh penggunaan metode Tamyiz terhadap kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab di Kelas X MA Syaikh Zainuddin NW Anjani? Masalah tersebut berusaha dijawab menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan expost facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah data diuji menggunakan rumus analisis regresi sederhana à = a + bX= 63,957 + 0.300 X dan dibuktikan dengan pengujian hipotesis, di mana thitung > ttabel yaitu 2,196 > 1,734. dapat diketahui bahwa memang dijumpai ada pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan metode Tamyiz terhadap kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab pada peserta didik kelas X MA Syaikh Zainuddin NW Anjani, hanya saja pengaruhnya masih rendah. Sebab, kemampuan menerjemah teks berbahasa Arab tidak hanya butuh metode yang tepat, tapi juga harus ditunjang oleh minat belajar siswa dan keseriusannya, kompetensi guru, dan strategi mengajarkan Tamyiz.

References

Abaza. Tamyiz Pintar Tajamah Qur’an 30 Juz dan Kitab Kuning, Cet. 3; Jakarta: Tamyiz Publising, 2012.

Abdullah, Ma’ruf. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cet. 1; Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015.

Afaq ‘Arabiyyah. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Desember 2007.

Al Farisi, M.Zaka. Pedoman Penerjemahan Arab Indonesia, Bandung: Anggota Ikapi, 2011.

Anwar, Herson. Lian G. Otaya, Statistika Pendidikan (Teori dan Aplikasi), Cet. 1; Gorontalo: Sultan Amai Press, 2015.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cet. 10; Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Djaramah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar, Cet. 2; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Echols, Jhon M., Hassan Shadily, Kamus Indonesia-Inggris, Jakarta: Gramedia edisi ke 3, 2003.

Effendi, Ahmad fuad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005.

Hamid, Abdul. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media, Cet. 3; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Kementrian Agama RI, Alquran dan Terjemahnya, Jakarta: Sinergi Pustaka Indonesia, 2012.

Kuntjojo. Metodologi Penelitian, Kediri: t.p, 2009.

Muin, Abdul, Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka al-Hasan, 2004.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. 3; Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran, Cet. 3; Jakarta: Kencana, 2007. Sugiono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.
Published
2021-06-30
How to Cite
Majid Ahmad. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN METODE TAMYIZ TERHADAP KEMAMPUAN MENERJEMAHKAN TEKS BAHASA ARAB KELAS X MA SYAIKH ZAINUDDIN NAHDLATUL WATHAN ANJANI. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(2), 1-5. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i2.5277
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.