PENERAPAN METODE QIRA’AH AL-JAMA’IYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI TEKS QIRA’AH MA MU’ALLIMIN NAHDLATUL WATHAN ANJANI

  • Lalu Nasaruddin Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
Keywords: Metode Qira’ah Al-Jama’iyyah, Kemampuan Membaca, Memahami Teks Qira’ah

Abstract

Berbagai permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab banyak didapati oleh siswa, dengan berbagai latar belakang pendidikan terkhusus pendidikan bernuansa islami. MA Mu’allimin NW Anjani merupakan salah satu contoh sekolah yang memiliki siswa dengan keberagaman latar belakang pendidikan sebelumnya.  Banyak siswa yang belajar di sekolah tersebut akan tetapi minim akan pengetahuan bahasa Arab, terlebih lagi para siswa kesulitan dalam membaca teks-teks berbahasa Arab.  Para guru di MA Mu’allimin NW Anjani mencoba mengentaskan permasalahan tersebut dengan menerapkan metode al-Qiraah Al-Jama’iyyah sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan  permasalahan  di  MA Mu’allimin NW Anjani serta  solusi  yang  diberikan sehingga dapat menentaskan permasalahan yang ada. Adapun metode yang digunakan adalah  analisis  deskriptif,  sebuah  penelitian  dengan  pendekatan  investigasi  guna mengunggkap permasalahan dengan tuntas. Hasil yang didapati adalah dengan penerapan metode al-Qiraah Al-Jama’iyyah siswa lebih aktif dalam pembelajaran bahasa Arab dan lebih berani untuk mengucapkan kosakata yang dibaca. Dan setelah beberapa pertemuan dengan  menerapkan  metode al-Qiraah  Al-Jama’iyyah siswa  yang  sebelumnya  tidak memiliki mental untuk membacakan teks berbahasa Arab di depan siswa lainnya kini lebih berani  bahkan tingkat kesalahannya pun berkurang. Hal ini sebanding dengan hasil belajar siswa pada uji siklusnya. Dengan demikian Metode Qira’ah Al-Jama’iyyah sangat  cocok  untuk  menentaskan  permasalahan  siswa  dalam membaca teks berbahasa Arab.

References

Abdurrochman. 2016. Metode, Teknik, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Lampung Timur : STIT Darul Fattah.

Ahmad, Arifin, 2017, Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV A SD Negeri 01 Metro Pusat. Edu Humaniora, Jurnal Pendidikan Dasar.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.

Asyrofi, Syamsuddin. 2016. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.Yogyakarta :Ombak.

Asyrofi. 2014. Model, Strategi, Permainan Efektif dalam Pengajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Aura Pustaka.

Bogdan dan Taylor. 1996. dikutip tidak langsung oleh Lexy J. Moeloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosda Karya Cet ke 27, Bandung

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.Yogyakarta: Rosda

Musthofa, Syaiful. 2011. Stategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : UIN Maliki Press.

Rosyidi, Abdul Wahab dan Ni’mah, Ma’lumatul. 2005. Memahami Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : UIN Maliki. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung Indonesia Penerbit Alfabeta.

Zulkifli. 2011. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab Konvensional dan Kontemporer. Pecan baru:Zanafa Publishing.
Published
2021-06-30
How to Cite
Lalu Nasaruddin. (2021). PENERAPAN METODE QIRA’AH AL-JAMA’IYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI TEKS QIRA’AH MA MU’ALLIMIN NAHDLATUL WATHAN ANJANI. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(2), 11-15. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i2.5281
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.