MENINGKATKAN MAHARATUL KALAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKS CERITA BAHASA ARAB SISWA SMP NW ANJANI
Keywords:
Bahasa Arab, Keterampilan Media Teks
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui Efektifitas penggunaan Media Teks Cerita Berbahasa Arab dalam meningkatkat keterampilan berbicara bahasa arab pada siswa kelas VIII SMP NW Anjani. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan postest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Efektifitas Penggunaan Media Teks Cerita Berbahasa Arab dalam meningkatklan keterampilan berbicara bahasa arab. Hal ini dapat di buktikan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment pearson dengan hasil tabel nilai “r†product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh bahwa nilai rxy = 0,923 lebih besar dari nilai r tabel baik itu pada taraf signifikasi 5% dan 1% ( 0,885 ≥0,374 dan 478). Maka dengan formulasi perbandingan yaitu alternatif (Ho) diterima dan hipotesis nihil (Ha ) ditolak.References
Baya, Nur, efektifitas penggunaan media komik dalam pembelajaran Menulis karangan narasi peserta didik kelas V MI Juluati Palung kecamatan Tombolo pao Kabupaten Gowa , program sarjana UIN Alauddin Makasar, 2016.
Dr .H. sahkholid Nasution, S,AG,MA, linguistik Bahasa Arab, (sidoarjo: jawa timur,2017) ,cet. Februari 2017,.
Dr. Abdul wahab Rosyidi & mamlu‟ atul Ni‟mah. Pembelajaran Bahasa Arab, (UIN MALIKI :malang, 2018 ).
J.W.M.verhaar, pengantar Linguistik, ( Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1989)
Kusnadi, Cecep dan Bambang sutjipto, Media pembelajaran, (Bogor: GHALIA INDONESIA, 2011) .
Margono , metodologi penelitian pendidikan, ( Cet ke 6; Jakarta : Rineka Cipta, 2007).
Martinis Yamin, kiat membelajarkan siswa , ( jakarta: Gaung persabda press jakarta, 2007).
Nawal Muhammad „Athiyah, Ilm al- Nafs al-Lughawy, ( t,t.,: Maktabah al- Anjlu al-Mishriyah, 1975,cet.I.
Nur lailatul Azizah, pengembangan media pembelajaran bahasa Indonesia dalam bentuk buku gambar pop-up untuk meningkatka kemampuan Berbicara siswa Kelas 3 sekolah Dasar Islam As Salam kota malang, program sarjana UIN Maliki Malang, 2014.
Oetomo .2015. melatih Kemampuan Berbicara. Online: www.bahana magazine.com.
Republik Indonesia, Permendikbud RI Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah, 2014, diakses dari Internet, tanggal 27 Februari 2016.
Rusydi ahmad Thu‟aimah ,al-marji fi ta’lim al-lughah al-Arabiyah, li al- Nathiqinah bi lughatin ukhra, jilid I, (saudi arabiyah : jami‟ah Umma al-Qura, 1986).
Sudjana ,Nana Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (Cet VII; Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004).
Sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Bandung : Alfabeta, 2015)
Sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Bandung : Alfabeta, 2015).
Utari dan Nababan. 1993. Metodologi pengajaran bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
www. permendikbud penilaian Hasil Belajar.pdf AdobeReader.com. 2016.
www.jurnal.com
Dr .H. sahkholid Nasution, S,AG,MA, linguistik Bahasa Arab, (sidoarjo: jawa timur,2017) ,cet. Februari 2017,.
Dr. Abdul wahab Rosyidi & mamlu‟ atul Ni‟mah. Pembelajaran Bahasa Arab, (UIN MALIKI :malang, 2018 ).
J.W.M.verhaar, pengantar Linguistik, ( Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1989)
Kusnadi, Cecep dan Bambang sutjipto, Media pembelajaran, (Bogor: GHALIA INDONESIA, 2011) .
Margono , metodologi penelitian pendidikan, ( Cet ke 6; Jakarta : Rineka Cipta, 2007).
Martinis Yamin, kiat membelajarkan siswa , ( jakarta: Gaung persabda press jakarta, 2007).
Nawal Muhammad „Athiyah, Ilm al- Nafs al-Lughawy, ( t,t.,: Maktabah al- Anjlu al-Mishriyah, 1975,cet.I.
Nur lailatul Azizah, pengembangan media pembelajaran bahasa Indonesia dalam bentuk buku gambar pop-up untuk meningkatka kemampuan Berbicara siswa Kelas 3 sekolah Dasar Islam As Salam kota malang, program sarjana UIN Maliki Malang, 2014.
Oetomo .2015. melatih Kemampuan Berbicara. Online: www.bahana magazine.com.
Republik Indonesia, Permendikbud RI Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah, 2014, diakses dari Internet, tanggal 27 Februari 2016.
Rusydi ahmad Thu‟aimah ,al-marji fi ta’lim al-lughah al-Arabiyah, li al- Nathiqinah bi lughatin ukhra, jilid I, (saudi arabiyah : jami‟ah Umma al-Qura, 1986).
Sudjana ,Nana Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (Cet VII; Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004).
Sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Bandung : Alfabeta, 2015)
Sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Bandung : Alfabeta, 2015).
Utari dan Nababan. 1993. Metodologi pengajaran bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
www. permendikbud penilaian Hasil Belajar.pdf AdobeReader.com. 2016.
www.jurnal.com
Published
2021-09-30
How to Cite
Hamzani. (2021). MENINGKATKAN MAHARATUL KALAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKS CERITA BAHASA ARAB SISWA SMP NW ANJANI. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(3), 113-119. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i3.5294
Section
Articles
Copyright (c) 2021 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.