PENGGUNAAN PENDEKATAN ONE ON ONE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK

  • Lalu Muhammad Mansyur Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
  • M. Taufik Akbar Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
  • Liana Sapitri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Keywords: Bahasa Arab, Keterampilan Berbicara, Pendekatan One On One

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab sudah lama diterapkan di Indonesia. Namun, hasilnya belum sepenuhnya maksimal. Hanya beberapa orang yang paham dan mengerti bahasa Arab. Oleh karena itu, hendaknya seorang guru harus bisa menguasai berbagai jenis metode pembelajaran yang bisa langsung dipraktekkan untuk menjalankan proses belajar mengajar dengan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode (Pendekatan One On One ) untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mengutamakan analisis data dan penyajian hasil yang berupa angka-angka (numeric). Adapun Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan eksperimen. Hasil dari penelitian ini adalah ada efektivitas penerapan model pembelajaran Pendekatan One On One untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa pada materi الساعة kelas VIII MTs Darussalimin NW Sengkol tahun pelajaran 2022.

References

Ahmadi, A. & Prasetyo, J. T. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Arifin, M. 2010. Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan
Pendekatan Indisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.
Anshor, A. M. 2009. Pengajar Bahasa Arab; Media Dan Metode-Metodenya.
Yogyakarta: TERAS.
AL-QUR’AN (Mushaf Tahfiz). 2019. surah al- Qur’an. Bandung: Cordoba
Arifin, Z. 2016. Evaluasi pembelajaran prinsip, teknik, dan prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Dahlan, J. 1992. Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab. Surabaya: AL-IKHLAS. Effendy, A. F. 2017. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat Malang.
Hasil wawancara dengan peserta didik di MTs Darussalimin mengenai pembelajaranbahasa Arab. Tgl 10-12-2021.
Hermawan, A. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya. Izzan,A. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: HUMANIORA. Iskandarwassid, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.
Mufarokah, A. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: TERAS.
Mansur, A. M. S. 1983. Sikolujiah Al-Wasail At-Ta’limiah Wa Wasail Tadris Al- Lugah Al- Arabiayah. Riyadh: Darul Ma’arif.
Madkur, A. A. 2002. Tadris Funun Al-Lugah Al-Arabiyah. Al-Qahirah: Darul Fikri Al- Araby.
Mustafa, S. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-MalikiPress. Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mocanu, M. 2015. A Brief History Of English Language Teaching Methods. Euromentor Journal Studies About Education. Vol. 6. No. 75
Malibary, A. dkk. 1976. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agam/I.A.I.N. Jakarta: Depag R.I.
Mart, C. T. 2012. Developing Speaking Skills through Reading. International Journal of English Linguistics. Vol. 2. No. 6. 19.
Nuha, U. 2016. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab Super Efektif, Kreatif, Dan Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Rosyidi, A.W. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press. Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Susetyo, B. 2017. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian Dilengkapi Cara Perhitungan dengan SPSS dan MS Office Excel. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syharsono & Retnoningsih, A. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.
Zakir, M. (2016). Metode Mengajar Dalam Pendidikan Islam (Kajian Tafsir Tarbawi),
Jurnal Studi Pemikiran, Riset dan Pengembangan Islam, 5(2), 106.
Zainuddin, M. 2011. Metode dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Teras.
Zogara, A.U. & Arifin, Z. 2020. Metodologi Penelitian Ilmiah. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Published
2022-09-30
How to Cite
Lalu Muhammad Mansyur, M. Taufik Akbar, & Liana Sapitri. (2022). PENGGUNAAN PENDEKATAN ONE ON ONE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(3), 73-80. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i3.5296

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.