PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TEBAK GAMBAR PADA SISWA KELAS VI SDN 02 ANJANI

  • Hamzani Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
  • Muhammad Ali Jum'ah Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
  • Husniati Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Keywords: Permainan Tebak Gambar, Bahasa Arab

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk megetahui bagaimana minat belajar siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab meggunakan media gambar. Metode ini menggunakan penelitian kuantitatif, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah adanya peningkatan minat belajar. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan mengenai “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VI SDN 02 Anjani Tahun Pelajaran 2021/2022†dinyatakan dari hasil uji T diketahui nilai signifikasi 0,000 < 0,050, maka hasil dari penelitian yang dilakukan dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh permainan tebak gambar  untuk meningkatkan minat belajar Bahasa arab siswa kelas Siswa Kelas VI SDN 02 Anjani.

References

Arifin. Z. 2020. Metodologi Penelitian Ilmiah, (KBM Indonesia)
Arsyad, A. 2017. Media Pemebelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers. Erman Suherman, “Hakikat Pembelajaran”, Jurnal Educar, 4(2) , (2007).
Fakhrurrazi, “Hakikat Pembelajaran yang Efektif”, Jurnal At-Tafkir, 9(1).
Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafy, M. S. “Konsep Belajar dan Pembelajaran”, Jurnal Lentera Pendidikan, 17(1).
Hasnah, S. Pembelajaran Kosakata (Mufradat) Bahasa Arab Melalui Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah Iain Palu.
Herman. 2011. Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ikha. (2019) “Pengaruh Media Tebak Gambar Terhadap Kecerdasan Visual-Spasial Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Musthafawiyah Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung”, Skripsi.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Lase, D. (2019). “Pendidikan di Era Revolusi Industry 4.0”, Jurnal Sunderman.
Lase, H, S. (2015). Pembelajaran Kosakata (Mufradat) Bahasa Arab Melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah Iain Palu. Istiqra`: Jurnal Hasil Penelitian, 3(1).
Mubarak, A. S. (2018). Pengaruh Kemampuan Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Al- Qur’an Hadits MA Muhammadiyah Limbung Kab.Gowa, Skripsi
Muhammad, Metodelogi Penelitian Bahasa. Yogyakarta:ar ruzz media.
Munib, 2011. Strategi dan Kiat Menerjemah Konteks Bahasa Arab ke dalam Bahasa Idonesia. Yogyakarta: Arrruz Media.
Pratama, R. A. (2018) “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Pada Materi Kalor Untuk Melatih Pemahaman Konsep Peserta Didik”, Skripsi, FTK UIN Raden intan lampung, lampung.
Slameto, 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. (Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryati, A. (2019). et al, “Konsep Tafsir Surah Al-Mujadilah Ayat 11 dan Surah Shad Ayat 29”, Al-Tadabbur Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 04 (02).
Tarjo. Metode penelitian administrasi. Aceh: Penerbit Syiah Kuala University Press. Banda Aceh.
Taufik. (2019), “Integrase Nilai Pendidikan Iman dan Ilmu Pengetahuan dalam Tafsir Misbah: Andragogi”, Jurnal Pendidikan Islam, 1 (2).
Widiarti, S. (2009). “Pengaruh Pemanfaatan Media Lingkungan dan Media Tebak Gambar Terhadap Peningakatan Prestasi Belajar matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa.”, Tesis.
Winataputra, 2014. U. S. et al, Hakikat Belajar dan Pembelajaran.
Published
2022-09-30
How to Cite
Hamzani, Muhammad Ali Jum’ah, & Husniati. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TEBAK GAMBAR PADA SISWA KELAS VI SDN 02 ANJANI. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(3), 81-90. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i3.5297

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.