PENERAPAN MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA ARAB (MUFRADAT) SANTRIWATI ASRAMA PUTRI PONPES DARUL MUBARAK NW YASNUHU

  • Lalu Nasaruddin Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
Keywords: Media Puzzle, Kosa Kata Bahasa Arab

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media puzzle mufrodat yang menyenangkan dan digunakan pada pembelajaran bahasa Arab kelas 1 khususnya pada materi.بيتي sehingga dapat menjadikan pembelajaran aktif, menambah penguasaan kosakata bahasa Arab, dan meningkatkan keterampilan berbicara dalam pengucapan kosakata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D), yang mengacu pada model ADDIE, dengan spesifikasi pengembangan media meliputi 5 tahapan diantaranya: 1). Analisis, 2). Desain, 3). Pengembangan, 4). Implementasi, 5). Evaluasi. Adapun bentuk penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan media puzzle mufrodat menunjukkan bahwa media puzzle mufrodat layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab kelas 1 untuk meningkatkan kemampuan dalam penguasaan mufradat. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi oleh beberapa ahli dan uji coba lapangan yang mencapai kriteria sangat valid. Hasil uji validasi ahli materi mencapai tingkat kelayakan 95%, ahli bahasa mencapai 92% dan ahli media mencapai 93,8%. Hasil angket respon siswa yang mencapai 97,8%. Berdasarkan hasil tugas pilihan ganda diperoleh rata-rata nilai sebesar 85, tugas mencocokkan diperoleh rata-rata nilai sebesar 84,5 dan tugas dalam bentuk tes lisan menyebutkan mufrodat diperoleh rata-rata nilai sebesar 96.

References

Anshor, Ahmad Muhtadi. 2009. Pengajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Penerbit Teras,

Arsyad, Azhar. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Djamarah.

Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gay. 1990. Educational Research and Development. USA: American Journal of Research.

Guntur Taringan, Henry. 2008. Berbicara. Bandung: Angkasa.

Hamzah. 2020. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Makruf, Imam. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Need’s Press, Pribadi.

Benny Agus, dkk. 2019. Pengembangan Bahan Ajar. Banten: Universitas Terbuka, Putri.

Delian dan Elvina. 2019. Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar Melalui Metode Game’s. CV. Penerbit Qara Media, Rayanto.

Hari Yudi, dkk. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE Dan R2D2. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Published
2021-03-31
How to Cite
Lalu Nasaruddin. (2021). PENERAPAN MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA ARAB (MUFRADAT) SANTRIWATI ASRAMA PUTRI PONPES DARUL MUBARAK NW YASNUHU. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(1), 1-5. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i1.5301

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.