IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH ISLAHUL IKHWAN NW MISPALAH PRAYA LOMBOK TENGAH

  • Azhar Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
Kata Kunci: Manajemen Berbasis Madrasah, Mutu Peserta Didik

Abstrak

Permasalahan yang menjadi fokus kajian penelitian ini adalah perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi manajemen berbasis Madrasah dalam meningkatkan mutu peserta didik di MA Islahul Ikhwan NW Mispalah Lombok Tengah. penelitian ini ada beberapa teknik atau metode yang dipergunakan dalam pengumpulan data, antara lain yaitu: Metode observasi, Metode wawancara mendalam (deep Interview), dan  Metode dokumen.  Adapun hasil penelitian, maka diketahui bahwa: 1). Dalam meningkatkan mutu pendidikan, MA Islahul Ikhwan NW Mispalah mengimplementasikan manajemen berbasis. Dalam mengimplementasikan manajemen berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu peserta didik, maka terlebih dahulu madrasah meningkatkan SDM pendidik dengan melakukan hal-hal sebagai berikut: a) Memprogramkan kegiatan ekstrakulikuler yang beragam, seperti teater, band, basket, futsal, qasidah, seni baca Al Qur’an, Englsih club, fotografi, pramuka, KIR, Olimpiade, dan sebagainya, b) Menyusun program bimbingan belajar tambahan yang responsif yaitu penguatan konsep dan pengayaan materi yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan terus-menerus sehingga mendapatkan hasil yang maksimal terutama bagi kelas XII yang bertujuan untuk mengantisipasi ujian nasional dan masuk perguruan tinggi, dan c). Menyusun program pengembangan minat dan bakat (PMB) dengan harapan peserta didik dapat memiliki pengetahuan yang bersifat integral (menyeluruh) baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik atau dengan kata lain peserta didik memiliki IMTAQ dan IPTEK. 2). Manajemen berbasis madrasah yang diimplementasikan oleh MA Islahul Ikhwan NW Mispalah berdampak terhadap peningkatan mutu peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil ujian nasional yang diikuti peserta MA Islahul Ikhwan NW Mispalah pada tahun 2019 dan 2020 dapat dikatakan lulus ujian nasional dengan nilai yang cukup tinggi, yaitu: 7. Selain itu mutu peserta didik MA Islahul Ikhwan NW Mispalah juga dapat dilihat dari prestasi yang diraih oleh peserta didik dalam olimpiyade yang diikuti, baik yang diadakan oleh kampus maupun kabupaten.

Referensi

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan, Manajemen Madrasah Mandiri. Jakarta: PPAK, 2005.
Bafadal Ibrahim, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah: Dari Sentralisasi ke Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
------------------------, Pendidikan Dasar, Kontribusi, Artikulasi, Regulasi, Aktualisasi, Reorientasi, dan Akselerasi. Malang: UIN Malang, 2007.
Baharudin dan Moh.Makin, Manajemen Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Basori Sutjipto & Mukti, Administrasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, 1992.
Bukhori Muhammad, dkk., Azas-Azas Manajemen. Yogyakarta: Aditya Media, 2005.
Cheang YC., School Effectiveeness and School Based management: A Mechanism for development. London: The Falmer Press, 1996.
Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Danim Sudarwan, Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Engkoswara, Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud, 1987.
Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Hadi Sutrisno, Bimbingan Menulis Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi Offset, 1990.
Diterbitkan
2022-03-31
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##