PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII MTs MU’ALLIMIN NW ANJANI LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Muhammad Hasyim Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
Keywords: Metode Index Card Match, Kemampuan Bahasa Arab

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pendidik bahasa Arab di madrasah Mu’allimin NW Anjani bahwa selama ini dalam proses pembelajaran bahasa Arab guru menggunakan metode yang berpusat pada guru, kegiatan yang dilakukan guru menjelaskan materi dan memberikan latihan sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang menarik. Guru membaca kosa kata (mufradat) yang ada di dalam buku kemudian peserta didik megikuti, kemudian mengartikannya dan memberi latihan soal terkait dengan materi yang dipelajari. Guru juga belum menggunakan metode maupun strategi yang lain sehingga membuat peserta didik kurang berminat dan merasa bosan selama pelajaran berlangsung. Konteks penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran index card match yaitu mencari pasangan kartu yang benar, dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran, terlebih pada bidang menghafal mufrodat pada materi bahasa Arab yang menjadi beban pada siswa dengan merubah model pembelajaran yang lebih baik dan lebih efisien dari model pembelajaran sebelumnya. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A.

References

Ansor, A. M. 2013. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-metodenya.Yogyakarta: Teras.

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Departemen RI. 2013. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Semarang: Rasail Media Group.
Effendy, A. F. 2017.Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Fachrurrozi, A. & Mahyuddin, E. 2012. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.
Ghazali, S. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dengan Pendekatan Komunikatif Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.
Hermawan, A. 2018.Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:Remaja Rosda Karya.

Mulyanto, S. 2014. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Islam. Jakarta: Proyek Pengembangan.

Mustofa, B. & Hamid, A. 2012. Metode dan Strategi Pembelajaran BahasaArab. Malang: UIN-Maliki Press.

Mustofa, S. 2014. Model Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-Maliki Press.
Prof. Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara,

Rosyidi, A. W. & Ni‟mah, M. 2015. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.
Rosyidi, A. W. 2013. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparjino, G. 2014. Cooperative Learning “Teori dan Aplikasi”. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Tim Penyuluhan Kamus Pusat Bahasa. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Yunus, M. 2013 Metodik Khusus Bahasa Arab Bahasa Alquran. Jakarta: PT.Hidakarya Agung.

Yusuf, T. 2016. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zaini, H. 2014. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD UIN Sunan Kalijaga.
Published
2022-03-31
How to Cite
Muhammad Hasyim. (2022). PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII MTs MU’ALLIMIN NW ANJANI LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(1), 33-42. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i1.5307

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.