Implementasi Penjaminan Mutu Sumber Daya Manusia Pendidikan Tinggi

  • Aldi Albani STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang
Keywords: implementasi, penjamin mutu, perguruan tinggi

Abstract

Permasalahan mutu SDM menjadi cukup penting dalam dunia pendidikan. Hal ini mengingat Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, yang tentu membutuhkan SDM yang berkualitas untuk mengelola kekayaan alam Indonesia. Pemeratan dan peningkatan mutu pendidikan masih menjadi persoalan utama yang cukup urgen. Oleh karena itu penjaminan mutu SDM menjadi hal yang penting untuk dikaji terutama di perguruan tinggi yang menjadi lembaga kepercayaan dan harapan masyarakat dalam mendidik putra-putri bangsa. Fakultas Agama Islam UMM adalah salah satu Fakultas tertua di UMM yang menjadi cikal bakal berdirinya UMM. Melalui penjaminan mutu SDM setidaknya diharapkan bisa memberikan solusi terhadap keresahan masyarakat melihat banyaknya sarjana yang menganggur. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam tentang 1) standar mutu SDM Fakultas Agama Islam UMM, 2) Upaya peningkatan mutu SDM Fakultas Agama Islam UMM, dan 3) Evaluasi Kinerja SDM Fakultas Agama Islam UMM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research) dengan metode penyelidikan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode 1) wawancara (interview) semi terstruktur; 2) observasi (observation); dan 3) dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian berdasarkan 4 kriteria yaitu, derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), kepastian (confirmability). Selanjutnya ditinjaklanjuti dengan triangulasi dan perpanjangan waktu penelitian. Teknik analisa data menggunakan model Miles & Huberman yang terangkum dalam pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), kesimpulan dan verifikasi data (conclusion drawing and verifying). Hasil penelitian ini adalah: 1) standar mutu SDM Fakultas Agama Islam UMM mengacu pada standardisasi yang telah ditetapkan pemerintah sesuai undang-undang. Namun ada beberapa kualifikasi tambahan yaitu, a) Memiliki IQ (>120); b) Memiliki kemampuan berbahasa asing, Inggris dan Arab (TOEFL >500); c) Memiliki integritas tinggi; dan d) Memiliki kecerdasan sosial yang bagus. 2) upaya peningkatan mutu SDM dilakukan melalui kegiatan terprogram dan mandiri. Kegiatan ini diprakarsai oleh BKMA dan BPSDM dalam bentuk studi lanjut, pelatihan pekerti, seminar, lokakarya, short course, join degree, applied approach, dan character building. Untuk kegiatan mandiri bisa berupa penelitian, penulisan jurnal, aktif dalam kegiatan masyarakat, dan aktif dalam perserikatan. 3) model evaluasi kinerja SDM yang dilakukan BKMA dan BPSDM dalam bentuk a) Pemantauan langsung menggunakan CCTV; b) Presensi jurnal kelas (dosen); c) Evaluasi dengan sistem online; d) Sistem evaluasi top-down; dan e) Pemantauan oleh mahasiswa part time.  

References

Faisal, Sanapiyah. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. Jogjakarta: Arruz Media.
Hedwig, Rinda dan Gerardus Polla. 2006. Model Sistem Penjaminan Mutu dan Proses Penerapannya di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, (Jakarta: 2010)
Mangkuprawira, Tb. Sjafri. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyadi. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN-Maliki Press.
Quran In Word Ver 1.3
Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Buni Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprayogo, Imam dan Tobroni. 2003. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Persada.
Ulfatin, Nurul. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.
Uno, Hamzah B. dan Nina Lamatenggo. 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Usman,Husaini. 2008. Manajemen Toeri Praktik & Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2018-01-21
How to Cite
Albani, Aldi. “Implementasi Penjaminan Mutu Sumber Daya Manusia Pendidikan Tinggi”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (January 21, 2018): 51 - 65. Accessed July 16, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/2995.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.