Peningkatan Profesionalisme Guru Di Lembaga Pendidikan Islam

  • Aldi Albani
Kata Kunci: Kepala Sekolah, profesionalisme Guru

Abstrak

Pendidikan merupakan sarana pencerdasan kehidupan bangsa. Dengan pendidikan manusia akan mengerti tentang apa yang harus dillakukan dan mana yang tidak. Pendidikan memiliki tiga komponen utama yaitu guru, siswa, dan materi. Proses pendidikan tergambar dari tiga hal yaitu adanya input, proses, dan output. Profesionalisme guru merupakan hal yang harus selalu ditingkatkan oleh seorang yang berprofesi sebagi guru atau pendidik. Ada banyak cara melakukan peningkatan profesionalisme yang dapat dilakukan baik secara individu maupun kelompok. Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan bertanggung jawab atas perkembangan tenaga kependidikan. Setiap guru semestinya pada tahap profesional karena sebagian guru telah tersertifikasi dan kesesuain bidang yang diajarkan. Upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui beberap hal di antaranya, dengan melanjutkan studi, kegiatan lesson study, MGMP, diklat, seminar. Penghambat upaya kepala sekolah pada peningkatan profesionalisme guru di antarnya adalah, keterbatasan dana, honor yang tidak seimbang, kurangnya guru tetap. Sedangkan yang menjadi pendukung upaya tersebut antara lain, kedudukan kepala sekolah sebagai alumni, rasa kasih sayang, dan rasa saling menghormati yang tercipta melalui iklim sekolah yang baik.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Bafadal, Ibrahim. 2006. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Faisal, Sanapiyah. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakrata: Rajawali Pers.
Marno dan Triyo Supriyanto. 2008. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Aditama.
Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurdin, Syafruddin dan Basyiruddin Usman. 2002. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers.
Purwanto, M. Ngalim. 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Redaksi Sinar Grafika. 2010. Undan-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.
Sagala, Syaiful. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: ALFABETA
Saondi, Ondi dan Aris Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama
Saudagar, Facruddin dan Ali Idrus. 2009. Pengembangan Profesionalitas Guru, Jakarta: Gaung Persada Press.
Soetjipto dan Raflis Kosasi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto, B. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Tim Penyusun. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesi (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Tim Penyusun. 2010. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 “tentang SISIDIKNAS dan tentang PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN serta WAJIB BELAJAR”. Bandung: Citra Umbara.
Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Kasara.
Usman, Moh. Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Yasmin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Diterbitkan
2018-01-21
##submission.howToCite##
Albani, Aldi. “Peningkatan Profesionalisme Guru Di Lembaga Pendidikan Islam”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (Januari 21, 2018): 15-19. Diakses Juli 16, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/2991.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##