Efektifitas Model Dan Kontrol Pelayanan Pendidikan Pengawas/Supervisor Di MTSN Kota Batu

  • Sri Harmonika
Kata Kunci: kontrol pelayanan pendidikan, efektifitas model

Abstrak

Dalam lembaga pendidikan yang baik hendaknya diterapkan model dan kontrol pelayanan pendidikan guna memonitor kegiatan yang dilakukan seseorang, Dan orang yang terlibat dalam melakukan kegiatan monitor yakni pengawas/supervisor. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan terhadap yang dilakukan bawahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model dan kontrol pelayanan pendidikan pengawas/supervisor di MTsN Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif.  Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektifitas Model dan kontrol pelayanan pendidikan yang diberikan oleh pengawas/supervisor di MTs Negeri Kota Batu berdasarkan struktur sekolah/Madrasah yakni dimulai dari Kepala Kementrian Agama Kota, kepala sekolah dan Pembantu Kepala Madrasah (PKM). Pembantu kepala madrasah ada empat yakni bidang Kurikulum, bidang kesiswaan, bidang hubungan masyarakat, bidang sarana prasarana. Kemudian selanjutnya berhubungan dengan administrasi sekolah yang dibantu oleh Kepala Tata Usaha. Adapun bentuk pelayanan kontrol yang diberikan oleh pengawas/supervisor terkait dengan pelayanan efektif itu sendiri membudayakan adanya “budaya kontrol dan lapor†sehingga setiap kesulitan dalam menjalankan program yang akan dilakukan maka akan dilaporkan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Referensi

Diklat Depdiknas, 2003).
Baharuddin & Moh Makin, Manajemen Pendidikan Islam:Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah (UIN-Maliki Press, 2010)
F. Muid, Standar Pelayanan Pendidikan (Jakarta: Badan Diklat Depdagri & Diklat Depdiknas, 2013).
Hasbullah, Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan (Jakarta: PT.Raja Grafindo, 2006).
Herabuddin, Administrasi & Supervisi Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia, 2009), cet, 1,
Ibrahim Bafadal, Dasar-Dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-Kanak (Jakarta: Bumi Aksara, 2005),
Jamal Ma’mur Asmani, Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah (Jogjakarta: Diva Press, 2012)
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Piet A Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2008),
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Supervisi (Jakarta: Rineka Cipta, 2004),
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis, (Jakarta: Bima Karya, 1989),
Wahidmurni, Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif: Skripsi, Tesis dan Disertasi, (Malang, UM Pres, 2008),
Wawancara dengan Kepala Madrasah MTsN Kota Batu, Sabtu, 26 April 2014
Diterbitkan
2018-01-26
##submission.howToCite##
Harmonika, Sri. “Efektifitas Model Dan Kontrol Pelayanan Pendidikan Pengawas/Supervisor Di MTSN Kota Batu”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (Januari 26, 2018): 41 - 52. Diakses Juli 16, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3010.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##