Implementasi Quantum Learning dalam Mata Pelajaran Al-Quran Hadis

  • A'yun Rizki Pendidikan Agama Islam,Universitas Ahmad Dalan
Kata Kunci: Pendidikan, Qur'an Hadis, Quantum Learning

Abstrak

Pendidikan telah dijelaskan dalam Undang-Undang Dasar sebagai usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan dengan memperhatikan tuntunan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional. Pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari pendidikan budi pekerti dan Agama Islam. Dimana didalamnya telah dibagi menjadi beberapa kategori pendidikan islam seperti Pendidikan Al-Quran Hadis, Aqidah, Fiqh, Ibadah dan Sejarah Kebudayaan Islam. Dalam hal ini pendidikan agama bertujuan untuk memperteguh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Jurnal ini mengkhususkan mengenai pembelajaran Al-Quran Hadis, yang mana dalam pembelajaran ini membahas mengenai Al-Quran dan Hadis dan keterkatannya. Metode quantum learning adalah kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan menggunakan metode quantum learning yang didapatkan dari telaah jurnal dan metode  penelitian terhadap salah satu sekolah muhammadiyah di Yogyakarta, disimpulkan dalam jurnal ini bahwa kesadaran belajar al-quran dan hadis sangat rendah karena pembelajaran yang monoton dan tidak bersifat memaksa. Metode pembelajaran quantum learning dikenalkan dalam pendidikan Indonesia karena sifatnya yang efektif untuk menciptakan suasana belajar peserta didik yang menyenangkan dan dapat bersifat long term memory atau dapat diingat lebih lama.  

Referensi

Abdul Hamid, Teori Belajar dan Pembelajaran (Medan: Tim Kreatif Pascasarjana Unimed, cet. II, 2007)
Jamal Ma’ mur Asmani, 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan Menyenangkan), cetakan-3 (Jogjakarta: Diva Press, 2011)
Nurhadi dan Senduk, Agus Gerrad, Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Penerapannya Dalam KBK (Malang: Universitas Negeri Malang, 2003)
Kunandar, Pendidik Professional; Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Pendidik (Jakarta:Rajagrafindo Persada, 2007)
H.M. Syuhudi Ismail, Kaedah Kesahihan Sanad Hadis : Telaah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan Ilmu Sejarah, PT Bulan Bintang, Jakarta,1995
Depag RI, GBPP Qur’an Hadits Madrasah Tsanawiyah, (Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 1994).
Rahman,Asjmuni Abdur, Pengembangan Pemikiran Terhadap Hadis, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam, Yogyakarta,1996
Maimun,Nur Kholis Arman, Kuliah Ulumul Hadis, Lembaga Pengembangan Studi Islam, Yogyakarta,2013
Octoberrinsyah, dkk., Al-Hadis, Pojka Akademik UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2005
( Syuhudi Ismail,1995:3 )
Kuliah Ulumul Hadis,2016:1 (‘Ajjaj al-Khatib,1971:20)
M.Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis Nabi ( Jakarta: Bulan Bintang,1992),24.
Mahmud Ath-Thahhan,Musthalah Al-Hadits (Ummul Qura,2017),29-35.
M.M. Azami,Hadis Nabawi dan sejarah kodifikasinya.Terj. Ali Mustara Ya’qub(cet.I;Jakarta:Pustaka Firdaus,1994),530.
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, diolah kembali oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan ( Jakarta:Balai Pustaka,1985),hal.849
Nur al-Din ‘Itr, al-Madhkal ila ‘Ulum al-Hadis ( al-Madinah al-Munawwarah: Al-Maktabat al-‘IImiyyah,1972 M) hal.15 . ( H.M Syuhudi Ismail, Kaedah Kesahihan Sanad Hadis (Jakarta : PT Bulan Bintang,1995 ) hal.126
Munawir,971-973
Nur Kholis Arman Maimun,Kuliah Ulumul Hadis ( Lembaga Pengembangan Studi Islam,2016 )hal.91
Syuhudi Ismail,1993:18
Luwis Ma’luf,1973:445
Asymuni Abdurrahman,Pengembangan Pemikiran Terhadap Hadis ( Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam,1996) hal.33
Ath-Thahhan, Mahmud, Dasar-Dasar Ilmu Hadits,Ummul Qura, Jakarta, 2016
Diterbitkan
2019-01-24
##submission.howToCite##
Rizki, A’yun. “Implementasi Quantum Learning Dalam Mata Pelajaran Al-Quran Hadis”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (Januari 24, 2019): 1 - 13. Diakses Juli 16, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3398.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##