Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi Pada SD Al Firdaus Surakarta dan SDN Karanganyar Yogyakarta: Suatu Evaluasi Program

  • Mashun Mashun STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
Kata Kunci: Evaluasi program, implementasi manajemen, pendidikan inklusi sekolah dasar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan inklusi di SD Al Firdaus Surakarta dan SDN Karanganyar Yogyakarta, dilihat dari aspek konteks, input, proses, produk. Konteks terdiri dari kebutuhan masyarakat, dan relevansi program dengan tujuan. Input terdiri dari peserta didik, tenaga pendidik, kurikulum, sarana prasarana, dan penilaian. Proses terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan manajemen. Produk terdiri dari hasil belajar peserta didik dilihat dari perkembangan kognitif, perkembangan motorik, perkembangan bahasa, dan perkembangan sosial emosional agama. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan alat analisis yang digunakan adalah analisis model evaluasi CIPP (context, input, process, produks).Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber informasi dari penelitian ini adalah guru bimbingan koodinator inklusi, guru GPK, dan guru kelas. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi/lembar pengamatan, dokumentasi/lembar pencermatan, dan wawancara.  Hasil penelitian penyelenggaran pendidikan inklusi di SD Al Firdaus Surakarta dan SDN Karanganyar Yogyakarta menunjukkan bahwa: (1) aspek konteks SD Al Firdaus Surakarta masuk dalam kategori sangat baik, sedangkan SDN Karanganyar Yogyakarta masuk dalam kategori baik. (2) aspek Input SD Al Firdaus Surakarta tergolong sangat baik, sedangkan SDN Karanganyar Yogyakarta masuk dalam kategori baik. (3) aspek proses SD Al Firdaus Surakarta masuk dalam kategori sangat baik, sedangkan SDN Karanganyar Yogyakarta masuk dalam kategori baik. (4) aspek produk SD Al Firdaus Surkarta masuk dalam kategori sangat baik sedangkan SDN Karanganyar Yogyakarta masuk dalam kategori baik. 

Referensi

Arikunto, S,. & Cepi A.J. 2009. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. jakarta: PT Bumi Aksara.

_________________. 2014. Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan praktek. Jakarta: Reneka Cipta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 70 tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa.

Sukardi. 2015. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suyadi. 2012. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Stubbs, S. (2002). Inclusive Education Where There Are Few Resources. Bandung: UPI.

Tarmansyah. (2007). Inklusif. Jakarta: Depdiknas.

Vrasmas, t. (2014). curriculum for clindren with disabilities in inclisive aducation.A literature review. procedia-social and behavioral sciences, 336-341.

Valeeva, A. L (2015) The Current State of Special Needs Education in Russia: Inclusive Policies and Practices. Published by Elsevier. Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 ( 2015 ) 2312 – 2315. A
Diterbitkan
2020-01-28
##submission.howToCite##
Mashun, Mashun. “Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi Pada SD Al Firdaus Surakarta Dan SDN Karanganyar Yogyakarta: Suatu Evaluasi Program”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (Januari 28, 2020): 1 -13. Diakses Juli 16, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3690.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##