Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMA

  • Nita Sunarya Herawati STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
Kata Kunci: modul eletronik, interaktif, kimia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-modul interaktif pada mata pelajaran kimia kelas  XI IPA SMA, (2) mengetahui tingkat kelayakan produk e-modul interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI IPA SMA,dan (3) mengetahui efektifitas penggunaan produk e-modul interaktif dalam meningkatkan capaian hasil belajar mata pelajaran Kimia kelas XI IPA SMA. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Thiagarajan (4D). Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Subjek uji coba kelompok kecil terdiri dari enam orang peserta didik kelas XI IPA SMA Islam Al Azhar Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan sebanyak 29 orang siswa kelas XI IPA SMA Islam Al Azhar Yogayakarta. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian, angket respon, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik (e-modul) interaktif untuk kelas XI IPA SMA menurut ahli materi, ahli media berada dalam kategori layak. Penerapan dan penggunaan e-modul secara umum dapat terlaksana dengan kategori layak dan mendapat respon positif dari peserta didik. Terdapat perbedaan hasil belajar antara hasil pre test sebelum penggunaan e-modul dan post test setelah menggunakan e-modul dengan sig < 0,05.

Referensi

Hall, M.C (2007). Key Aspects of Competency-based Assesment. South Asutralia: National Cnetre of Education Research.
Hake, Richard (1998). Analyzing Change/Gain Scores” dalam www.physics.indian. Edu/sdi/analysing chane-Gain.pdf, diakses tanggal 21 Februari 2017
Kemendikbud. (2013).Permendikbud no.54 tentang standar kompetennsi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Pannen. (2001). Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang no 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanl. Jakarta: Depdiknas
Sa’dun Akbar. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sudjana, (2005).Metode Statistika. Bandung: Tristo
Suryadie. (2014). Pengembangan Modul Elektronik IPA Terpadu Tipe Shared Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Yogyakarta: UIN Sunan Kali Jaga
Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semuel, MI. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Indiana: Indiana University Bloomington.
Utomo, Tjipto. (1991). Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Wijaya, C. (1988). Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: CV Remaja Karya
Diterbitkan
2020-01-29
##submission.howToCite##
Herawati, Nita Sunarya. “Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMA”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (Januari 29, 2020): 57 - 69. Diakses Juli 16, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3751.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##