PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM MODERN

  • Izzul Fatawi

Abstract

Dari berbagai permasalahan yang timbul akibat dari kemajuan zaman dan modernisasi ini, beberapa di antaranya terjadi pula di dalam dunia pendidikan. Bahkan problem-problem tersebut ikut meracuni aspek-aspek yang sangat mendasar bagi dunia pendidikan. Pola pikir yang melandasi system pendidikan kita khususnya di Indonesia dan Negara-negara muslim lainnya tidak lepas dari warisan kolonialisme dengan kerangka positivismenya. Keadaan ini menggali jurang yang sangat dalam antara pola pikir pendidikan asli pribumi serta ruh pesantrennya dengan landasan pendidikan barat yang lebih cenderung mengarah kepada rasionalitas-matrealistik. Ilmu dalam pendidikan di barat tidak dibangun di atas wahyu dan kepercayaan agama, namun dibangun di atas tradisi budaya yang diperkuat oleh spekulasi filosofis dengan memusatkan manusia sebagai makhluk rasional. Akibatnya ilmu pengetahuan serta nilai etika dan moral diatur oleh rasio manusia, sehingga dari cara pandang seperti inilah lahir ilmu-ilmu sekular dengan manusia yang mengikutinya adalah seorang sekularis.Kata Kunci : problematika pendidikan, pendidikan Islam modern

References

Thalhah Hasan, Dinamika Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Lantabora Press. 2001

Diknas, Undang-Undang RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokus Media, 2003

Ali Ashraf, DR., Horison Baru Pendidikan Islam, terjemah: Sori Siregar Pustaka Firdaus, 1989

Nurcholish Madjid, Islam Kemodernan dan KeIndonesiaan, Bandung: Mizan Pustaka, 2008

Doni Koesoema A., Pendidikan Karakter, Jakarta: PT. Grasindo, 2007

Nurcholish Madjid, Fatsoen, Jakarta: Republika, 2009

Fazlur Rahman, Islam dan Modernitas, Bandung: Pustaka, 1985

Nurani Soyomukti, Pendidikan Berperspektif Globalisasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008

Abd A’la, Pembaruan Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2006

Published
2015-12-15