PEMBELAJARAN AGAMA PADA SEKOLAH LUAR BIASA
Abstract
Anak-anak berketunaan merupakan bagian dari masyarakat yang harus dibebaskan dan diberdayakan baik dari keterbatasan fisik maupun mentalnya. Upaya tersebut dilakukan dengan cara memberikan hak yang sama dalam bidang pendidikan secara berkesinambungan, terpadu dan penuh tanggung jawab agar mereka tidak lagi dianggap sebagai warga kelas dua yang hanya dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Oleh karenanya, tulisan ini mencoba menjawab persoalan pembelajaran agama pada sekolah luar biasa.Kajian ini menemukan bahwa pendidikan agama di sekolah luar biasa diterapkan sebagai acuan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan, kekurangan dan kelemahan siswa dalam hal keyakinan, pemahaman, dan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan pemahaman tentang pelaksanaan kurikulum, penggunaan metode, pemahaman seorang guru agama dan pemahaman tentang sistem penilaian yang disesuaikan dengan kebutuhan anak didik yang mengalami ketunaan. Pendidikan agama di sekolah diberikan agar siswa dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial dan memberikan dorongan kepada siswa yang menyandang cacat, untuk menumbuhkembangkan rasa percaya diri, berpegang pada keyakinan atas kekuasaan serta sifat rahman dan rahim Allah Swt. Sehingga pendidikan agama dapat memberikan pedoman hidup untuk mencapai kebahagisan hidup di dunia dan akhirat. Kata Kunci: Pembelajaran Agama, Islam, Sekolah Luar Biasa, PendidikanReferences
Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992, Cet. Ke-2.
Delphie, Bandi, Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi, Bandung, PT. Refika Aditama, 2006.
Depdiknas, Pedoman Penilaian Pendidikan Khusus, Jakarta: Depdiknas Pusat kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional 2006.
Efendi, Mohammad, Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, Metodologi Pengajaran Agama, IAIN Walisongo, 2004.
Hidayat, Asep AS, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra, Jakarta: Luxima Metro Media, 2003.
HM. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Jurnal Forum Tarbiyah, Vol. 9. No 2. Desember 2011
Marimba, D Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung, Maarif, 1992.
Nuraeini, Intervensi Dini Bagi Anak Bermasalah, Jakarta: Rinneka Cipta, 1997.
Peraturan Menteri No. 23 Tahun 2006
Saleh, Abdul Rachman, Didaktik Pendidikan Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1976.
Suparlan, Pendidikan Bagi Anak-Anak Subnormal, Rosdakarya, Jakarta, 1983.
Usa, Muslih (ed.), Pendidikan Islam Di Indonesia Antara Cita dan Fakta, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
Usman, Basyiruddin, Metodologi Pemblajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
www.ditplb.or.id
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).