ANALISIS KONSEP PLURALISME ABDURRAHMAN WAHID PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Abstrak
Saat ini pendekatan pendidikan Islam berlangsung melalui proses operasional menuju pada tujuan yang diinginkan, memerlukan model yang melandasinya, sebagaimana yang pertama kali dibangun Nabi. Nilai-nilai tersebut dapat diaktualisasikan berdasarkan kebutuhan perkembangan manusia dan dipadukan dengan pengaruh lingkungan kultural yang ada, sehingga dapat mencapai cita-cita dan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia di segala aspek kehidupannya.Untuk konteks Indonesia, antara model landasan dan lingkungan kultural (terutama konsep pluralisme) menemu pendekatannya konsepnya pada ide-ide Abdurrahman Wahid (Gus Dur), karena konsep pluralisme ala Gus Dur ini sebagian besar muncul dari realitas masyarakat Indonesia serta kecintaannya pada bangsa Indonesia, tidak terkecuali Islam.Referensi
A. Gaffar Karim, Metamorfosis NU dan Politisasi Islam di Indonesia, Yogyakarta: LKIs, 1995
Abdurrahman an-Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Bandung: Diponegoro, 1989
Abdurrahman Wahid, Islam di Tengah Pergulatan Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1993
_____, Membangun Demokrasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1999
_____, Pergulatan Negara, Agama, dan Kebudayaan, Yogyakarta: Desantara, 2001
_____, Prisma Pemikiran Gus Dur, Yogyakarta: LKiS, 1999
_____, Tuhan Tidak Perlu Dibela, Yogyakarta: LKiS, 1999
Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999
Ahmad Suaedy dan Ulil Abshar Abdalla, Gila Gus Dur: Wacana Pembaca Abdurrahan Wahid, Yogyakarta: LKiS, 2000
Ahmad. D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, cet. 6,Bandung: Al Ma’arif, 1986
Alwi Shihab, Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama,Bandung: Mizan, 1997
Amin Abdullah, dkk, Tafsir Baru Studi Islam dalam Era Multi Kultural,Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2002
Azumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milinium Baru, Jakarta: Logos, 2002
Greg Barton, Biografi Gus Dur, Yogyakarta: LKiS, 2003
Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Bandung: Al Ma’arif, 1980
Kuntowijoyo, Paradigma Islam, Interpretasi untuk Aksi, Bandung: Mizan, 1991
Laode Ida dan A. Thantowi Jauhari, Gus Dur diantara Keberhasilan dan Kenestapaan, Jakarta: Raja Grafindo Persada 1999
Listiono Santoso, Teologi Politik Gus Dur, Yogyakarta: Ar Ruuz, 2004
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner Jakarta: Bumi Aksara, 1994
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).