BIMBINGAN KONSELING ISLAM INDIVIDU DAN KELOMPOK
Abstrak
Bimbingan Konseling Islam adalah suatu proses pemberian bantuan secara terus menerus dan sistematis terhadap individu atau sekelompok orang yang sedang mengalami kesulitan lahir dan batin untuk dapat memahami dirinya dan mampu memecahkan masalah yang dihadapinya. Dalam tulisan ini ingin diangkat permasalahan tentang perbedaan Konseling Islam dengan Konseling Barat, model aplikasi bimbingan Konseling Islam berdasarkan kajian teoretis, kreativitas konselor dalam mengambil keputusan, teknik-teknik konseling, konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok, dan yang terakhir tentang kedudukan bimbingan individu dan kelompok. Tulisan ini menggunakan studi kepustakaan atau analisis dokumenter berkenaan dengan apa yang sudah dikemukakan oleh para ahli psikologi, lebih utama lagi oleh para ahli konseling Islam. Yang mana dari uraian data yang dikemukakan terkuak tentang makna Konseling dalam perspektif Islam, pada prinsipnya bukanlah teori baru, karena ajaran Islam tertuang dalam Alquran yang disampaikan oleh Rasulullah SAW merupakan ajaran untuk manusia memperoleh kebahagian hidup di dunia dan akhirat.Referensi
Ahmadi dan Uma. Psikologi Umum., Jakarta: Bina Ilmu, 2009
Mubarok, Ahmad, dkk. Konseling Agama Teori dan Kasus. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002
Arifin, dkk. Pengantar Psikologi Umum. Surabaya: Sinar Wijaya., 1986
Asy’ari, Ahmad, dkk. Pengantar Studi Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 2004
Anur Rahum Faqih. Bimbingan dan Konseling Dalam Islam. Yogyakarta: UII Press, 2001
Baharuddin. Psikologi Agama. UIN Malang Press, 2008
Sugihartono dkk. Psikologi Pendidikan. UNY Press, 2007
Sarlito W.S. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Bulan Bintang. 1983
Sanapiah faisal. Dimensi-Dimensi Psikologi. Surabaya: Usaha Nasional. 2004
Surya, Mohammad. Psikologi Konseling. Bandung: Bani Quraisy. 2003
Tohari Musnamar. Dasar-dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islami., Yogyakarta: UII Press. 1992
Farid hariyanto. Bimbingan Konseling Agama. Jakarta: Seminar. 2007
Rahim, Aunur fagih. Bimbingan dan Konseling Dalam Islam. Jakarta: UII Press. 2001
Walgito, Bimo.Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offset. 1995
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. 2007
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).