ANALISIS SISTEM PENILAIAN KELAS DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Abstrak
Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian kurikulum dan berhasil tidaknya proses pembelajaran. Prinsip dan strategi penilaian kelas yang dipakai menunjukkan bahwa pada intinya bagaimana para guru selalu melakukan penilaian terhadap siswanya secara intensif guna mengetahui perkembangan anak didiknya. Rata-rata para guru selalu menggunakan soal sebagai bahan utama penilaian, dari soal-soal itu minimal diketahui mana kekurangan dan kelebihan seorang siswa. Apabila ada siswa yang mengalami kekurangan standar nilai maksimal maka sang guru mengadakan Remedi atau pengulangan terhadap siswa untuk mengerjakan soal yang sama sampai nilanya sama dengan siswa lain. Begitu pula persiapan guru-guru dalam mengajar pasti mereka umumnya membuat RPP guna suksesnya pengajaran di kelas. Dan juga menggunakan macam-macam penilaian kelas seperti metode tes tulis dalam melakukan tes kemampuan pada siswanya, Selain tes tulis mereka juga menggunakan penilalaian dari tingkah laku keseharianya. Apabila ada siswa yang nilainya tinggi tetapi akhlaqnya jelek maka itu juga sangat menjadi pertimbangan guru untuk menaikkan ke jenjang kelas yang lebih tinggi. Ataupun sebaliknya jika ada seorang siswa yang nilainya agak rendah tetapi akhlaq keseharianya bagus maka juga menjadikan pertimbangan lain untuk menaikkan ke kelas yang lebih tinggi. Pada intinya para guru selalu memadukan antara nilai dan juga tingkah laku siswa. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari berbagai kesalahan dalam pendidikan yang terjadi dalam negeri ini. Kata Kunci: Sistem, penilaian kelas, Kegiatan, Belajar MengajarReferensi
Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Djamarah, Syiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Fathoni, Toto, dkk. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1991.
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Belajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004.
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
Nurkancana, wayan dan Sunarta, Evaluasi Hasil Belajar, Surabaya: Usaha Nasional, 1990.
Muliyasa, E, Menjadi Guru Propesional, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
Surapranata, Sumarna dan M. Hatta, Penilaian Portofolio. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).