الأسس النÙسية ÙÙŠ مناهج تعليم اللغة العربية
Abstrak
Segala sesuatu mempunyai dasar dan salah satu dasar dalam sebuah pembelajaran adalah dasar psikologis. Termasuk juga dalam pembelajaran bahasa Arab. Oleh karenanya, dalam tulisan ini akan berusaha mengungkap dasar-dasar psikologis dalam pembelajaran bahasa Arab. Tulisan ini menemukan bahwa aspek psikologis pendidik dan peserta didik turut serta membentuk keberhasilan dalam sebuah pembelajaran. Di samping itu bahwa bahasa Arab semestinya dicoba menjadikannya sebagai bahasa ibu sehingga akan memudahkan dalam mempelajarinya. Kata Kunci: Dasar Psikologis, Metode, Pembelajaran, Bahasa ArabReferensi
براون، دوجلاس ØŒ أسس تعلم اللغة وتعليمها، ترجمة عبده الراجØÙŠ وعلى Ø£Øمد شعبان، بيروت: دار النØضة العربية، 1994Ù….
دياب، ØµØ§Ù„Ø Ùˆ هشام عامر، دراسات ÙÙŠ المنهج Ùˆ الأساليب العامة، دار الÙكر، 1987Ù….
طعيمة، رشدي Ø£Øمد ØŒ الأسس العامة لمناهج تعليم اللغة العربية، القاهرة : دار الÙكر، 1421ﻫ / 2000Ù….
طعيمة، رشدي Ø£Øمد، تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها: مناهجه وأساليبه، الرباط: منشورات المنظمة الإسلامية للتربية والعلوم والثقاÙØ©-إيسيسكو، 1989Ù….
http://fonaam.ahlamontada.com/t2316topic#ixzz2A7iTfb8F
Hasibuan, Lias, Kurikulum dan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada, 2010.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).