TELAAH RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH DASAR DI KOTA MATARAM
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah â€bagaimanakah guru sekolah dasar merumuskan RPP PKnâ€. Unit analisis dalam penelitian ini terdiri dari 4 SD dan subjeknya sebanyak 12 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis). Dari data yang dikumpulkan diketahui bahwa indikator yang dirumuskan tidak rinci, tidak komprehensif, tidak sistimatis, dan hanya mencakup ranah kognitif. Tujuan dibuat sesuai indikator, tidak rinci, tidak runtut, tidak tuntas dan jelas, tidak mencerminkan materi KD, hanya memuat aspek kognitif, tidak komunikatif, dan tidak memiliki reference. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Materi tidak dirumuskan dalam RPP. Adapun tahapan pembelajaran sudah dirumuskan dengan baik dalam RPP. Sedangkan tes yang dirumuskan subjek penelitian adalah test tulis berupa; pilihan ganda, melengkapi, dan uraian. Jadi jelas bahwa RPP yang dirumuskan belum mampu memfasilitasi terciptanya pembelajaran yang efektif. Kata-kata Kunci: Rencana program pembelajaran, tujuan, materi, metode, tahapan pembelajaran, dan evaluasi.Referensi
Arends, Richard, Classroom Intruction and Management, New York: McGraw-Hill Companies, 1997.
Arends, Richard, Learning to Teach, New York. McGraw-Hill Companies, 2001.
Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University Press, 2001.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Ibrahim, Muslimin, Asesmen Berkelanjutan, Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh, Unesa University Press, 2005.
Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung. PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Mulyasa, Enco, KTSP: Sebuah Panduan Praktis, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Mulyasa, Enco, Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Nasution S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Popham, James dan Eva Baker, Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.
Sumardi, Lalu. â€Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Kelas Rendah, Studi Kasus di Kota Mataram,†2009. Tesis, Tidak Dipublikasikan. Unesa.
Susanto, Penyusunan Silabus dan RPP Berbasis Visi KTSP, Surabaya: Matapena, 2008.
Undang Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).