SIGNIFIKANSI KEMAMPUAN PROFESIONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU DENGAN KINERJANYA DI YAYASAN PENDIDIKAN DUA MEI CIPUTAT
Abstrak
Through this study correlational approach focuses browse for the poor performance of teachers in the Education Foundation Dua Mei, through the independent variable (the professional ability and emotional intelligence) and the dependent variable (performance of teachers). This study reports the results of research on the data or explanation about the influence of teachers’ professional ability and emotional intelligence on the performance of teachers, with the aim to test the significance of the influence of professional ability, emotional intelligence, and the ability to both simultaneously on teacher performance. From the results of the study show that: first, there is a positive significance between the professional ability of teachers to their performance by contributing 96.1% Second, there is a positive significance between emotional intelligence of teachers with a performance of 94.7% and the rest influenced by various factors. Third, there is a positive significance between professional skills and emotional intelligence of teachers simultaneously with the performance shown by the correlation coefficient of 0.940 which means it is very strong, while the contribution of variable professional skills and emotional intelligence of teachers together on teacher performance amounted to 94.0%, the rest is donated by other variables.Keywords: Profesionalisme guru, Kecerdasan emosional, KinerjaReferensi
Agustian, Ari Ginanjar, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ Emotional Spiritual Quotient, Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2001
Akhyak, Profil Pendidik Sukses, Surabaya: Elkaf, 2005
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Baharuddin dan Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Antara Teori dan Praktek, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012
Bakar, Yunus Abu, dan Syarifan Nurjan, Profesi Keguruan, Surabaya: Aprint, 2009
Danim, Sudarwan, Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011
Daulay, Haidar Putra, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2004
Drajat, Manpan dan Ridwan Effendi, Etika Profesi Guru, Bandung: Alfabeta, 2014
Fathurrohman, Pupuh dan Aa Suryana, Guru Profesional, Bandung: Refika Aditama, 2012
Goleman, Daniel, Emotional Intelligence, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Mandiri, 1996
Hasibuan, Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bian Aksara, 2000
Ilyas Y, Kinerja Guru, Cet. 1. Depok: FKM UI, 1999
Mangkunegara, A.A. , Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Rosyda Karya, 2000
Mukhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009
Mulyasa E., Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002
Mulyasa E., Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung:PT Remaja Rosda Karya, 2007
_______, Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013
Natawijaya, Rochmad, Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan, Jakarta: Depdikbud, 2002
Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers, 2002
Rohiat, Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Refika Aditama, 2008
Ruky, Achmad S., Sistem Manajemen Kinerja, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002
Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2009
Sanusi, Achmad, Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan, Bandung: IKIP, 1991
Saondi, Ondi dan Aris Suherman, Etika Profesi Keguruan, Bandung: Refika Aditama, 2012
Simamora, Henry, Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Cet. I. Yogyakarta: STIE YKPN Yogyakarta 2004
Sinambela, Lijan Poltak, Kinerja Pegawai, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011
Soetjipto, dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2011
Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009
Suparlan, Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 200
Surya, Mohammad, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004
Tilaar, H.A.R., Standar Pendidikan Nasional Suatu Tinjauan Kritis, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Uno, Hamzah B., Profesi Kependidikan Problem, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Usman, Husaini, Manajemen Teori Praktek dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2003
Wirawan, Profesi dan Standar Evaluasi, Jakarta: Yayasan Bangun Indonesia dan Uhamka Press, 2002
Yamin, Martinis dan Maisah, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada Press, 2010
Yamin, Martinis, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Cet. Ke-2, Jakarta: Gaung Press, 2007
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).