DECONSTRUCTION OF PROCESS STANDARD IMPLEMENTATION ENGLISH LEARNING AT SMP SALAFIYAH DARUL FALAH MATARAM
Abstrak
The SMP Salafiyah Darul Falah had acquired good accreditation “A†for the private school in Mataram so the process standard includes learning targets and learning administration should have been implemented properly but it isn’t suitable as reality. This study focuses on how is the process standard implementation of English learning at SMP Salafiyah Darul Falah from deconstruction theory. This will study all elements include to process standard from planning, action, and evaluation. Based on the problem above that is analyzed from deconstruction and hegemony theory for good school profile in English learning process is a quality of English learning management haven’t been optimal that is caused by the mindset of teachers is more oriented toward cognitive and fulfillment of administrative requirements. The pattern of teacher-oriented to cognitive influenced by patterns of thought, demands from a leadership in school and from the government. Another thing that causes an optimal English learning management is the low teacher's professionalism, supervisors professionalism also are low.Keywords: English learning, Deconstruction process, Process standard implementation, SMP Darul Falah MataramReferensi
Badan Standar Nasional Pendidikan BSNP, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan Jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional pendidikan, 2006
Fayadil M., Derrida, Filsafat Modern. Yogyakarta: LKiS, 2005
Gobeli, V. C., “Development of a Curriculum Model for Planning Life Skills for 4-H Young Peopleâ€. Dissertation. Boston: Boston University, 1989
Graves, Kathleen, Designing Language Courses: A Guide for Teachers. Ontario: Heinle & Heinle Publishers, 2000
Hasairin, Ashar, “Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan Sumber daya Guruâ€. Kumpulan Abstrak Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia VI, 17-19 November, 2008
Hymen, R.T., Approach and curriculum, New York. Practice Hall, 1973
Kunandar, Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007
Mulyasa, E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2006
Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008
Nezar, Patria, and Andi Arief. Antonio Gramsci Negara & Hegemoni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003
Nunan, David, Syllabus Design. Oxford: Oxford University Press, 1988
Oemar, Hamalik, Ed. , Pengantar Pendidikan Dasar dan Umum. Jakarta. Balai Pustaka, 1995
Paul, Suparno SJ, R Rohandi, G. Sukadi, St. Kartono. Reformasi Pendidikan: Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Kanisius, 2002
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007.
Print, Murray, Curriculum Development and Design. New York: Allen & Unwin, 1988
Puskur, Balitbang DIKNAS. Kebijaksanaan Umum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas, 2002
Richard, Jack C., Curriculum development in Language Teaching. New York: Cambridge Language education, 2002
Saylor, John Galen; William M. Alexander, Curriculum Planning for Modern School. Canada: Published by Holt, Rinehart & Winston of Canada Ltd, 1966
Simon, Roger, Gagasan-Gagasan Politik Gramsci. Yogyakarta: INSIST dan Pustaka Pelajar, 1999
Sudjana, Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Kejuruan. Bandung: PT SInar Baru, 1989
Tilaar, Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Well, B., “Apprenticeship in Lieracyâ€. Dalam Interchange 18, 1 2 : 1987
Wilkins, D. A., Second Language Learning and Teaching. Great Britain: Billing and Sons Ltd, 1976
Zais, Robert, Curriculum; Principles and Foundations. New York: Harper & Row. Publisher, 1974
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).