KONSEP PENDIDIKAN MENURUT IMAM AL-GHAZALI
Abstrak
Pendidikan Islam merupakan wahana latihan mental, moral, dan fisik yang bisa menghasilkan manusia yang berbudaya tinggi serta bertanggung jawab yang ditopang oleh personalitas yang berkualitas.Al-Ghazali merupakan sosok ulama yang menaruh perhatian terhadap proses internalisasi ilmu dan pelaksana pendidikan. Menurutnya, untuk menyiarkan agama Islam, memelihara jiwa dan taqarrub kepada Allah. Oleh karena itu pendidikan merupakan ibadah dan upaya peningkatan kualitas diri. Pendidikan yang baik merupakan jalan untuk mendekatkan diri Allah dan mendapatkan kebahagian dunia-akhirat.Kajian terhadap konsep Al-Ghazali tentang pendidikan adalah bahwa Pendidikan yang baik merupakan jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Tujuan pendidikan menurut Al-Ghazali harus mengarah kepada realisasi tujuan keagamaan dan akhlak, dengan titik penekanannya pada perolehan keutamaan dan taqarrub kepada Allah. Mengenai kurikulum pelajaran, dapat juga dipahami sebagaimana Al-Ghazali telah menyusun kurikulum yang diatur berdasarkan arti penting yang dimiliki oleh masing-masing ilmu seperti berikut ini:1. Urutan pertama; Al-Qur'an al-Karim, ilmu-ilmu agama seperti Fiqih, Sunnah dan Tafsir.2. Urutan kedua; Ilmu-ilmu bahasa (bahasa Arab), ilmu Nahwu serta artikulasi huruf dan lafadz. Ilmu-ilmu ini melayani ilmu-ilmu agama.3. Urutan ketiga; Ilmu-ilmu yang termasuk kategori wajib kifayah, yaitu ilmu kedokteran, ilmu hitung dan berbagai keahlian, termasuk ilmu politik.4. Urutan keempat; Ilmu-ilmu budaya, seperti syair, sastra, sejarah serta sebagian cabang filsafat, seperti matematika, logika, sebagian ilmu kedoketran yang tidak membicarakan persoalan metafisika, ilmu politik dan etika.Referensi
Ad-duweisy Abdullah Muhammad. 2009.Menjadi guru yang sukses dan berpengaruh.Surabaya: Elba.
Anas, Muhammad [Universitas Indonesia Yogyakarta 2009], Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Barzanji.http///www.net.com,Juma,t.10-01-2014, pukul 21.05
Arikunto, Suharsimi, 1997. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Pratek.Jakarta : Bina Aksara.
A Tafsir. 2005. Ilmu Pendidikan Islam.Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Al-Jumbulati Ali, dkk. 2002. Perbandingan Pendidikan Islam. Jakarta :PT. Rineka Cipta.
Baharudin dan Nur wahyuni ,2009. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Arruz media.
Bik Hudari, 1980.Tarikh Al Tasri Al Islam, Semarang : Darul Ihya.
Derajat, Zakiyah,dkk. 2000.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta:Bumi Aksara.
Himawijaya, 2004 .Mengenal Al-Ghazali Keraguan Adalah Awal Keyakinan, Bandung : Mizan Media Utama MMU.
Hasan M.2006 .Perbandingan Madzhab, Jakarta : PT Raja Granfindo Persada.
Hasyim, Nasution,tth. Filsafat Islam, Jakarta : Gaya Media Pratama.
Hasan Tholhah, Muhammad, tth. Dinamika Pemikiran Tentang Pendidikan Islam,
Imam Al-Ghazali. 2002. Manajemen Hati.Surabaya: Pustaka Progresif.
Imam Al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin, Indonesia, Alharmaen.
Imam Al Ghazali, 2004. Pembuka Pintu Hati. Bandung : MQ Publishing.
Imam Al-Ghazali.tth. Ihya Ulumuddin. cv.Bintang Pelajar.
Djamarah, Bahri, Syaiful, 2005.Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta.Rineka Cipta.
Moleong Lexi J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Riyanto, Yatim.2001. Metodologi Penelitian Pendidikan.Bandung.
Rosidatul Ilma, Ani [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrohim 2011],Konsep Pendidikan Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuhal Walad.http//www.net.com. Juma’t 10-01-2014. Pukul 21.10
Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabet
Sukardjo M. dan ukim komarudin. 2009.Landasan Pendidikan,Konsep dan Aplikasinya, Jakarta:Raja grafindo Persada
Tim Penyusun Ensiklopedi Islam, 1997 . Ensiklopedi Islam, Jakarta : Van Hoeve Letiar Baru.
Tafsir, 2008, Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung, Sinar Baru Algensindo.
Uhbiyati, Nur. 1997. Ilmu Pendidikan Islam.Bandung:Pustaka Setia.
Nizar, Samsul, 2002. Filsafat Pendidkan Islam. Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Bandung: Ciputat Pers.
Anas, Muhammad [Universitas Indonesia Yogyakarta 2009], Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Barzanji.http///www.net.com,Juma,t.10-01-2014, pukul 21.05
Arikunto, Suharsimi, 1997. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Pratek.Jakarta : Bina Aksara.
A Tafsir. 2005. Ilmu Pendidikan Islam.Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Al-Jumbulati Ali, dkk. 2002. Perbandingan Pendidikan Islam. Jakarta :PT. Rineka Cipta.
Baharudin dan Nur wahyuni ,2009. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Arruz media.
Bik Hudari, 1980.Tarikh Al Tasri Al Islam, Semarang : Darul Ihya.
Derajat, Zakiyah,dkk. 2000.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta:Bumi Aksara.
Himawijaya, 2004 .Mengenal Al-Ghazali Keraguan Adalah Awal Keyakinan, Bandung : Mizan Media Utama MMU.
Hasan M.2006 .Perbandingan Madzhab, Jakarta : PT Raja Granfindo Persada.
Hasyim, Nasution,tth. Filsafat Islam, Jakarta : Gaya Media Pratama.
Hasan Tholhah, Muhammad, tth. Dinamika Pemikiran Tentang Pendidikan Islam,
Imam Al-Ghazali. 2002. Manajemen Hati.Surabaya: Pustaka Progresif.
Imam Al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin, Indonesia, Alharmaen.
Imam Al Ghazali, 2004. Pembuka Pintu Hati. Bandung : MQ Publishing.
Imam Al-Ghazali.tth. Ihya Ulumuddin. cv.Bintang Pelajar.
Djamarah, Bahri, Syaiful, 2005.Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta.Rineka Cipta.
Moleong Lexi J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Riyanto, Yatim.2001. Metodologi Penelitian Pendidikan.Bandung.
Rosidatul Ilma, Ani [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrohim 2011],Konsep Pendidikan Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuhal Walad.http//www.net.com. Juma’t 10-01-2014. Pukul 21.10
Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabet
Sukardjo M. dan ukim komarudin. 2009.Landasan Pendidikan,Konsep dan Aplikasinya, Jakarta:Raja grafindo Persada
Tim Penyusun Ensiklopedi Islam, 1997 . Ensiklopedi Islam, Jakarta : Van Hoeve Letiar Baru.
Tafsir, 2008, Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung, Sinar Baru Algensindo.
Uhbiyati, Nur. 1997. Ilmu Pendidikan Islam.Bandung:Pustaka Setia.
Nizar, Samsul, 2002. Filsafat Pendidkan Islam. Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Bandung: Ciputat Pers.
Diterbitkan
2018-02-17
Terbitan
Bagian
Articles
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).