MANAJEMEN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
Abstrak
Classroom management is one of the important elements in teaching and learning process that play a role in supporting the success of teaching and learning process. The ability to manage the class will greatly affect the level of enthusiasm and motivation in following learning. Classroom management seeks to understand student with it various advantages. Classroom management aims to improve effectiveness and efficiency in achieving learning objectives. But before applying classroom management, a teacher must comprehend some factors that may hander the implementation of classroom management. For example, teachers, students, families, and facilities factor. In addition, there some factor that should be the main focus of the teacher before applying classroom management, like the problem of attention getting behaviors, power-seeking behaviors, revenge-seeking behaviors, and demonstration of disability, is the form of refusing at all to try to do anything because of the failure that became part of it. In addition to individual problems there is also a group problem that includes classes are less cohesive due to racist actions by students, violation of agreed norms, give a negative reaction to the inability of class members. Educating students who commit norm abuses, group attention is easily diverted from the task being assigned, the low morale of work because it assume the task given is unfair, and the class is less able to face the new situations. Classroom management aims to solve that problem.Referensi
Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1995.
Carolyn M. Evertson dan Edmund T. Emmer, Classroom Mangement for Primary School Teacher, terj. Arif Rahman, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
E. C. Wragg, Pengelolaan Kelas, terj. Anwar Jasin, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996.
Linda Darling-Hammond dan John Baratz-Snowden, A Good Teacher in Every Classroom: Preparing the Highly Qualified Teachers Our Children Deserve, terj. Ida Kusuma dan Bayu Budiharjo, Jakarta: PT Indeks, 2009.
Mel Silberman, Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: YAPPENDIS, 2002.
Munif Chatib, Gurunya Manusia, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2011.
Mulyadi, Classroom Management, Malang: UIN Malang Press, 2009.
Suharsimi Arikunto, Penglolaan Kelas dan Siswa: Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1996.
Soedomo Hadi, Pengelolaan Kelas, Surakarta: UNS Press, 2005.
Tanti Yuniar, Kamus Terlengkap 10 Milliard, Surabaya: Agung Media Mulia, 2007.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.
Carolyn M. Evertson dan Edmund T. Emmer, Classroom Mangement for Primary School Teacher, terj. Arif Rahman, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
E. C. Wragg, Pengelolaan Kelas, terj. Anwar Jasin, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996.
Linda Darling-Hammond dan John Baratz-Snowden, A Good Teacher in Every Classroom: Preparing the Highly Qualified Teachers Our Children Deserve, terj. Ida Kusuma dan Bayu Budiharjo, Jakarta: PT Indeks, 2009.
Mel Silberman, Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: YAPPENDIS, 2002.
Munif Chatib, Gurunya Manusia, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2011.
Mulyadi, Classroom Management, Malang: UIN Malang Press, 2009.
Suharsimi Arikunto, Penglolaan Kelas dan Siswa: Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1996.
Soedomo Hadi, Pengelolaan Kelas, Surakarta: UNS Press, 2005.
Tanti Yuniar, Kamus Terlengkap 10 Milliard, Surabaya: Agung Media Mulia, 2007.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.
Diterbitkan
2018-02-17
Terbitan
Bagian
Articles
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).