تعليم الخطّ العربي للمستوى المتوسّط بجاوى الشّرقيّة دراسة Øالة ÙÙŠ مراكز تعليم الخطّ العربي بجاوى الشّرقيّة
Abstrak
The objective of this study is to analize the learning of arabic calligraphy at some particular arabic calligraphy institution in East Java. This study will answer: 1) how is the learning of arabic calligraphy in East Java, 2) what are the obstacles of the arabic calligraphy learning in East Java. This study is using case study qualitative approach. The subjects of this study are ELKAMAL Malang, ASSKAR Bojonegoro and SAKAL Jombang. The data are collected through observing and interviewing. The data analysis is using Miles and Huberman method which the steps are collecting reducing viewing and concluding the data. The results of the study are 1) The learning of calligraphy in East Java uses traditional approach and it focuses on pragmatic objective. Traditional approach means that the teacher is the centre of the lerning process. Pragmatic objective means that the students aim of learning calligraphy is to win a competition, gain money from the art work. 2) the problems of learning calligraphy are; first, no official metode or curriculum; second, most6 teachers of calligraphy do not know the systematic procedure of teaching calligraphy based on the khat sertificate so they cannot lead the student to be an ideal calligrapher.Referensi
تنظيم الوزارة الدينية جمهورية إندونيسيا، النمرة 000912 السنة 2013، عن منهج المدرسة لمادّة التعليم الديني الاسلامي واللغة العربية.
رØاب عبد الله، تعري٠الخط العربي وأهميته، 2009
عÙي٠بهنسي، الخط العربي. دمشق: دار الÙكر، طبعة أولى،ـ 1984
وليد الأعظمي، تراجم خطاطي بغداد. بيروت: دار القلم، طبعة أولى، 1977
www.wikipedia.org ( 3 ديسمبر 2014 ) ويكيبديا، الموسعة الØرة، خط عربي
Alsa, Asmadi. 2004. Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogjakarta : Pustaka Pelajar
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2010), 247-252
رØاب عبد الله، تعري٠الخط العربي وأهميته، 2009
عÙي٠بهنسي، الخط العربي. دمشق: دار الÙكر، طبعة أولى،ـ 1984
وليد الأعظمي، تراجم خطاطي بغداد. بيروت: دار القلم، طبعة أولى، 1977
www.wikipedia.org ( 3 ديسمبر 2014 ) ويكيبديا، الموسعة الØرة، خط عربي
Alsa, Asmadi. 2004. Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogjakarta : Pustaka Pelajar
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2010), 247-252
Diterbitkan
2018-08-05
Terbitan
Bagian
Articles
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).