PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN YANG INOVATIF

  • Zainudin M. Ag. Institut Agama Islam Qomarul Huda Bagu
Keywords: Pengembangan, Strategi Pembelajaran, Inovatif

Abstract

Pendidikan merupakan proses panjang dan berkelanjutan untuk mentranspormasikan peserta didik menjadi masnusia yang sesuai dengan tujuan penciptaannya, yaitu bermanfaat bagi diri sendiri, bagi sesama, dan alam sekitarnya. Pendidikan menjadi sebuah proses yang sangat menentukan bagi keberlangsungan hidup manusia, karena dengan pendidikan mereka dapat menumbuhkembangkan pikiran dan bakat mereka. Pembelajaran yang inovatif merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk membangun pengetahuan itu sendiri atau secara mandiri. Dalam mewujudkan pembelajaran inovasi diperlukan adanya strategi pembelajaran.

References

Basri, Hasan dan Saebani, Beni Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam Jilid II, Bandung: CV Pustaka Setia, 2010.
http://repository.ut.ac.id/4324/1/MPDR5203-M1.pdf di akses tanggal 30 Maret 2020.
Nasih, Ahmad Munjin dan Kholidah, Lilik Nur. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Refika Aditama, 2009.
Nurdyansyah. N. dan Andlek Widodo, Inovasi Teknologi Pembelajaran, Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015
Sahlan, Asmaun. Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah Upaya Mengembangkan PAI Dari Teori Ke Aksi, Malang: UIN Maliki Press, 2017.
Saidan, Perbandingan Pemikiran Pendidikan Islam Antara Hasan al-Banna dan Mohammad Natsir, Kementerian Agama RI, 2011.
Published
2020-06-05
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.