PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN YANG INOVATIF

  • Zainudin M. Ag. Institut Agama Islam Qomarul Huda Bagu

Abstrak

Pendidikan merupakan proses panjang dan berkelanjutan untuk mentranspormasikan peserta didik menjadi masnusia yang sesuai dengan tujuan penciptaannya, yaitu bermanfaat bagi diri sendiri, bagi sesama, dan alam sekitarnya. Pendidikan menjadi sebuah proses yang sangat menentukan bagi keberlangsungan hidup manusia, karena dengan pendidikan mereka dapat menumbuhkembangkan pikiran dan bakat mereka. Pembelajaran yang inovatif merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk membangun pengetahuan itu sendiri atau secara mandiri. Dalam mewujudkan pembelajaran inovasi diperlukan adanya strategi pembelajaran.

Referensi

Basri, Hasan dan Saebani, Beni Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam Jilid II, Bandung: CV Pustaka Setia, 2010.
http://repository.ut.ac.id/4324/1/MPDR5203-M1.pdf di akses tanggal 30 Maret 2020.
Nasih, Ahmad Munjin dan Kholidah, Lilik Nur. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Refika Aditama, 2009.
Nurdyansyah. N. dan Andlek Widodo, Inovasi Teknologi Pembelajaran, Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015
Sahlan, Asmaun. Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah Upaya Mengembangkan PAI Dari Teori Ke Aksi, Malang: UIN Maliki Press, 2017.
Saidan, Perbandingan Pemikiran Pendidikan Islam Antara Hasan al-Banna dan Mohammad Natsir, Kementerian Agama RI, 2011.
Diterbitkan
2020-06-05
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##