Menelisik Konsep Pendidikan Jerman dan Australia sebagai Benchmarking Pendidikan di Indonesia

Bahasa Indonesia

  • Suyadi Suyadi

Abstrak

Banyak faktor yang mempengaruhi pendidikan, tentu saja sangat dimungkinkan jika terjadi perbedaan kualitas baik antar institusi bahkan anatar negara. Perbedaan inilah yang memicu peneliti untuk melakukan penelitian sekaligus mengkomparasi perbedaan-perbedaan yang ada melalui beberapa faktor yang mempengaruhinya. Metode yang dilakukan adalah studi kepustakaan dari berbagai sumber, baik yang bersifat online maupun offline. Tujuan akhir dari komparasi ini adalah untuk menganalisis peluang sistem pendidikan yang ada di dua negara tersebut bisa diadopsi dalam sistem pendidikan di Indonesia. Jerman dan Australia dikenal sebagai negara yang adaptif dalam perbedaan pemikiran terutama penerapan kebijakan pendidikannya. Peneliti sengaja memilih negara Jerman dan Australia sebagai pembanding karena kedua negara tersebut memiliki sistem pendidikan yang layak untuk dikembangkan di Indonesia

Referensi

Agustiar Syahnur, Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara, Bandung: Lubuk Agung, 2001
Artikel "Tujuan pemerataan pendidikan Indonesia 'moderat', laporan UNESCO menunjukkan". The Jakarta Post edisi Sabtu 12 Juni 2008
A. Margrith Lin-Huber, Kulturspezifischer Spracherwerb, Bern: Verlag Hans Huber, 1998
Biro Statistik Autralian, Schools; Australia 1993, Camberra: ABS,
Chaedar Alwasilah, Filsafat Bahasa dan Pendidikan, Bandung: Rosda Karya, 2008
Cecep Wahyu Hoerudin, dkk, Makalah Studi Pendidikan Negara Jerman dan Indonesia, Universitas Pendidikan Bandung, 2009
Don Adams, Pola Pendidikan Dalam Masyarakat Kontemporer, di. Thut (Eds.), Polapola Pendidikan dalam Masyarakat Kontemporer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
D ’Cruz J dan P. Langford (Eds.), Masalah dalam Pendidikan Australia, (Melbourne: Longman Cheshire,
Frackman, dkk, Kebijakan Pendidikan Tinggi di Jerman: Dalam Goedegebuure, Leo et al (Eds), Kebijakan Pendidikan Tinggi: Perspektif Komparatif Internasional, Paris: Pergamon Press,
H. Mohle, Republik Demokratik Jerman: Sistem Pendidikan, B. R. Clarke dan Neave, (Eds), The Encyclopedia of Higher Education, Vol. 1, Oxford: Pergamon Press,
John Francis Cramer dan George Stephenson Browne, Pendidikan Kontemporer, New York: Harcourt Brace, 1956
J. T. Fey, Sistem Pendidikan Republik Federal Jerman. F. Husen dan Postlethwaite (Eds),
Ensiklopedia Pendidikan Internasional. New York:Pergamon Press,
L. Ingvarson dan Chadbourne, (Eds.), Menilai Pekerjaan Guru: Arahan Baru dalam Apparaisal Guru, Melbourne: ACER,
Robert F. Lawson, Pendidikan Rekonstruksi: Sekolah dan Universitas Jerman Timur setelah Unifikasi oleh Rosalin M. O Princhard, (Resensi Buku), Dalam Tinjauan Pendidikan Komparatif, Vol. 44 No. 1, Februari, 2000
U. Teichler dan B. Kehm, Sistem Pendidikan Tinggi Republik Federal Jerman Clarke, B. R., dan Neave, G. (Eds), The Encyclopedia of Higher Education, Vol. 1 (Oxford: Pergamon Press
W.B Elley, Studi IEA Membaca Literasi, Den Haag: Asosiasi Internasional untuk Evaluasi Pencapaian Pendidikan
Diterbitkan
2020-12-16
Bagian
Articles