Optimalisasi Manajemen Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Adversity Quotient (AQ) Siswa Selama Pandemi Covid-19

Bahasa Indonesia

  • Ayu Puspitasari dan Triana Rosalina Noor

Abstrak

Sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang cepat dan meluas dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring (online) sesuai Keputusan Mendikbud Nomor 719/P/2020 akibat pandemi Covid-19. Dinamika pendidikan ini melahirkan beberapa permaslahan pendidikan di Indonesia yang cukup kompleks. Berbagai permasalahan tersebut dapat dirangkum dalam penerapan manajemen pembelajaran daring. Ketidakoptimalan manajemen pembelajaran daring menyebabkan penurunan daya juang atau Adversity Quotient siswa selama pembelajaran daring. Penelitian merupakan penelitian studi kepustakaan, yakni data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan setelah dikaitkan dengan konsep-konsep dan teori yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi manajemen pembelajaran daring yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Adversity Quotient siswa selama pandemi Covid-19 yakni memberikan dukungan sosial, guru menentukan tugas yang terarah, komunikasi persuasif guru, topik pembelajaran yang menarik dan pemilihan metode pembelajaran yang tepat.

Referensi

Anggaraeni, Poppy & Aulia Akbar. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajara. Jurnal Pesona Dasar Vol. 06 No. 02.
APJII.or.id. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2). Diakses dalam https://apjii.or.id/survei pada 21 Desember 2020 pukul 14.55.
Ardiansyah, Arief, (2018). Empat Aturan Manajemen Kelas untuk Perilaku Guru Efektifdi Madrasah. Jurnal Pedidikan Islam Vol. 03 No. 02.
Ardyanti, S. Ika & Esti Harini. (2015). Hubungan Antara Adversity quotient, Self Efficacy Dan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas X Kecantikan SMK Negeri Se-Kecamatan Umbulharjo. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1..
Bahtiar, Fahmi. (2020). Survei KPAI, Pelajar Merasa Berat dengan Pembelajaran Jarak Jauh. Diakses dari https://edukasi.sindonews.com/read/8899/144/survei-kpai-pelajar-merasa-berat-dengan-pembelajaran-jarak-jauh-1587974669 pada 21 Desember 2020, pukul 17.54.
Cahyani, Listiana & Larasati. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 03 No. 01.
Elyas, Anada H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta No. 56.
Fatihudin, D. (2015). Metode Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Handarini, Oktafia I. & Siti Sri Wulandari. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol. 08 No. 03.
Hendayana, Yayat. (2020). Tantangan Dunia Pendidikan di Masa Pandemi. Diakses dalam https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/tantangan-dunia-pendidikan-di-masa-pandemi/ pada 20 Desember 2020 pukul 16.26
Kasih, Ayunda P. (2020). Survei UNICEF: 66 Persen Siswa Mengaku Tak Nyaman Belajar di Rumah. Diakses dalam https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/24/090832371/survei-unicef-66-persen-siswa-mengaku-tak-nyaman-belajar-di-rumah pada 20 Desember 2020 pukul 16.41.
Litbang Kemdikbud. (2020). Kurikulum. Diakses dari https://litbang.kemdikbud.go.id/kurikulum pada 21 Desember 2020 pukul 21.41.
Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Maskar, Sugama & Endah Wulantina. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika) Vol. 01 No. 02.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesioanal. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nafiah & Sri Hartatik. (2020). Penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan MahasÄ°swa Dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. Education and Human Development Journal Vol. 5 No. 1.
Noor, T. R. (2017a). Analisis Desain Fasilitas Umum Bagi Penyandang Disabilitas (Sebuah Analisis Psikologi Lingkungan). Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 2(2), 187–211.
Noor, T. R. (2017b). Manajemen Pendidikan Anak melalui Program Outbound di TK Al Muslim Surabaya. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 64–75.
Noor, T. R. (2017c). Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai Agama di KB Al Muslim Surabaya. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 65–82. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.7
Noor, T. R. (2019a). Komunikasi Interpersonal Remaja Yatim Di Panti Asuhan Hidayatush Shibyan Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Sosial 2019, 333–340. Malang: Fakultas Pendidikan Psikologi Univ. Negeri Malang.
Noor, T. R. (2019b). Pendidikan Islam Sebagai Sebuah Sistem Di Era 4.0. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 18–36.
Noor, T. R. (2019c). Remaja dan Pemahaman Agama. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 54–70.
Noor, T. R. (2020). MENGEMBANGKAN JIWA KEAGAMAAN ANAK (Perspektif Pendidikan Islam dan Perkembangan Anak Usia Dini). KUTTAB, 4(2).
Noor, T. R., & Astutik, E. (2019). RODA (Rotating Education Game) sebagai Media Pembelajaran untuk Menanamkan Sikap Disiplin pada Anak Usia Dini. AS-SABIQUN, 1(2), 1–16Putra, Hidayati & Nurhidayah. (2016). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Adversity quotient Warga Binaan Remaja Di LPKA Kelas II Sukamiskin Bandung. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia Vol. 2 No. 1.
Ridho, Subkhi. (2020). Pendidikan Daring di Masa Covid-19. Diakses dalam https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/12/112834471/pendidikan-daring-di-masa-covid-19?page=all pada 20 Desember 2020 pukul 16.14.
Sadikin, Ali & Afreno Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol. 06 No. 02.
Stoltz, Paul G. (1997). Adversity quotient. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Suhartono. (2017). Adversity Quotient Mahapeserta didik Pemrogram Skripsi. Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2.
Sundy, F. D. Heris. (2018). Manajemen Waktu Dan Kompetensi Profesional Guru Taman Kanak-Kanak Dalam Penyelenggaraan Kegiatan Pembelajaran di TK Gugus I-XVII Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Jurnal Manajerial Bisnis Vol. 01 No. 03. (2018).
Suwardi. (2007). Manajemen Pembelajaran, Mencipta Guru Kreatif dan Berkompetensi. Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Syarifudin, Albitar S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 05 No. 01.
Tim KPAI. (2020). KPAI: Pembelajaran Jarak Jauh Minim Interaksi. Diakses dari https://www.kpai.go.id/berita/kpai-pembelajaran-jarak-jauh-minim-interaksi pada 21 Desember 2020 pukul 17.07.
Waspodo, Muktiono. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Diakses dalam https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id pada 21 Desember 2020 pukul 16.13.
Widodo, Hendro. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring. Diakses dalam https://radarjogja.jawapos.com/opini/2020/04/15/manajemen-pembelajaran-daring/ pada 20 Desember 2020 pukul 20 Desember 2020 pukul 17.08.
Diterbitkan
2021-01-12
Bagian
Articles