Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MTS Al-Majidiyah NW Majidi Selong Kabupaten Lombok Timur

Bahasa Indonesia

  • Suburiah Aan Hikmah dan Muhammad Ihsan

Abstrak

penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan menajamen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesipnalisme guru agama Islam di MTS. Al-Majidiyah NW Majidi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber informasi dalam penelidan ini terdiri dari kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan dianalisis menggunakan analisis kualitatif mengikuti konsep Miles and Huberman dan Spradley dengan langkahlangkah reduksi data, display data, dan conclusion drawing/ verification. Peneliti dapat menyimpulkan, bahwa dalam meningkatkan profesionalisme guru agama Islam di MTS. Al-Majidiyah NW Majidi, kepala madrasah menjalankan tugas kepemimpinan antara lain: pembinaan dan suvervisi terhadap guru agama Islam, meningkatkan kesejahteraan guru agama Islam, mengirimkan guru agama Islam pada kegiatankegiatan ilmiah, mengaktifkan guru agama Islam pada MGMP, memotivasi guru agama Islam untuk belajar (sekolah).

Referensi

Astad, M. 2003, Psikologi Indgsfri, Yogyakarta: Libertie Ashafi, 2002, 'Implementmi Fungsi-Fungsi KePemimPinan Kepala Sekolah, Yogyakarta:Tesis UIY, Badudu dan Zein, 2001 , Kamas Besar Bahasa Indonesia, Jakarta.' Dalai Pustaka.
Bafadal, Ibrahim, 2004, Peningkatan Profesionalisme GND/ Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Seko/ah, J akarta: Bumi Aksara.
Baharuddin, 2008, Sosiologi dan Pendidikan, 1994, Analisis Admnisfrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Oakarta; Bumi Aksara.
D. Goleman, 2000, Kecerdasan Emosional, terj. T. Hermaya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Dale, A.T., 1999, Kineda (terj. Sofyan Cikmat) New York: Kend Publishing Inc.Dalyono, M. 2001 , Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Daulay, Haidat Putra, 2004, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasioüa/ di Indonesia, Jakarta: Prenada Media.
Desseler G., 2003, Human Resource Managemen, New Jersey: Pearson Eduvatione
Dimyati dan Mudjiono, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.Djamal, 2002, _Peranan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkaian Mgtg Pendidikan SLIP di KabgPaten Punvonjo, Yogyakarta: Tesis UNY.
Djamatah, Syaiful Bahri, 2000, Gum dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif,Jakarta:
Rineka Cipta. E.A. Locke, 1993, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan, terj. Aris Ananda
Jakarta: Mitta Utama.
F.C Gomes, 2000, Manajamen Samber Dgya Matmsia. Yogakarta,t Andi OffseFajar, A, Malik, 1999, Holistika Pemikiran Pendidikan,Jakarta.' Raja Grafindo.
Fry, F'L. Stoner, C.R, & Hattwik, R.E., 2002, 13gffines an Integrative Aproach, (New York: Mc Gfaw.Hamalik, Oemar, 2003, Kurikulum dan Bumi Aksara J. M. Kouzes, & Posner B.Z, 2002, I.zadersbip Challenge, San Fransisco: Jossey Bas. Suprihanto, 2001, Penilaian Kineda dan Pengembangati Yogyakarta: BPFE.
J.R Anthoni , 2002, Measuring Human Capital; Performance Appraisal Efctivene$$, (Jurnal disajikan dalam konferensi DI Midwes Academy of Management'Kartono, Kartinini, 2004, Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Koeswara, 1991, Teoti-Teori Kepribadian, Bandung. Eresco.
L. E, Saphiro, 1998, Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak, terj. Alek Tri Kantjono, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lashway L, Improving Ptincipal Evaluation, (Artkel diambil pada 10 Agustus 2008, dari http://www.ga.unc.edu/pep./index.html.
Lazaruth , Soewadji, 1994, Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya, Yogyakarta: Kanisius.
M. Asroruddin HS, 2005, Kepemimpinan Karismatik Sebagai Basis manajamen Pendidikan di Pondok Pesantretz; Stndi Kasus di Pondok Pesantren Elikmatuyyarief Salut Selat Narmada Lombok Barat Malang. Tesis UM.
Miles dan Huberman, 1984, Analisis dan Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohandi Rohedi, Jakarta: UI Press.
Muhaimin, 2005, Pradigma Pendidikan Islam; Upgya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Indonesia, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa E., 2005, Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2005, Menjadi Kepala Sekolah Profesioanal dalam Kontek$ Mensukseskan MBS dan KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2003, Metode Penelitian Naturalistik Knaliiatif, Bandung: Tarsito.
Nata, Abduddin, 2001, Paradigma Pendidikan Islam, Jakarta: Gramedia.
Nawawi, Hadari, 2004, KePemimPinan Yang Efektif, Yogyakarta: UGM Press.
PH, Slamet, 2000, KaraktetisÆk Kepa/a Sekolah Tanggh,Jakarta: Depdiknas.
Pidarta, Made, 1990, Perencanaan Pendidikan PaHisipatori dergan Pendekatan Sisiem, Jakarta; Rineka Cipta.
Ridell, S & Brown,fl 992, SchoolEffectiveness R esearcb, London: University of London.
Robins, 20019 Ouaniza/io„ San Diego: Prentjce Hall International,
Salahuddin, M. 1990, Pengan/ar Psiko/ogi Pendidikan, Surabaya: Vr. Bina limu.
Soekartawi, 1990, Monitoring Clan Evaluasi Proyek Pendidikan, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Sudarwan, Danim, Kepemimpinan dan Efek/ivitas KelomPok, Jakarta: Renika Cipta.
Sufyarma, 2003, Kap/Ta Selekta Mat/ajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2005, Memahami Peneli/ian Knalitatif, Bandung: CV. _Alfabeta.
Sukardi, 2006, Peneliiian Kua/itatifDalam Pendidikan, Yogyakarta: Usaha Keluarga.
Sumidjo, Wahjo, 2002, KePemimPinan Kepala Seko/ah; Tinjagan Teoritik dan Pemasalahannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suranto, 2005, Faktor-Faktoryang Mempengaruhi Kitzerja Kepala SMP Negeri di KabuPaten Bantu, Yogyakarta: »resis UNY.
Syarfuddin, 2002, Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan, Jakarta: Grasindo. T. Hani Handoko, 2003, Manajemen, Yogyakarta: BPFE.
Thoha, Miftah, 2003, KePemimPinan da/am Manajemen; Suat" Pendekatan Prilakg, Oakarta:lyr. Raja Grafindo Persada.
Tobroni, 2003, Pengembangan Profesionalisme Gmu dalam Pembelajaran (makalah), Malang: CMM
Diterbitkan
2021-06-05
Bagian
Articles