Manajemen Gugus Paud dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAUD di Gugus 1 PAUD Desa Kalijaga Kabupaten Lombok Timur

  • Ittihad Ittihad STIT Palapa Nusantara Lombok Timur
Keywords: Manajemen, PAUD, Kompetensi, Profesional

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen gugus PAUD, yang meliputi: Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi program. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus.Data diperoleh melalui tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian disimpulkan yaitu: Pertama, Perencanaan  gugus PAUD :(1) Merumuskan dan menetapkan program gugus, perencanaan program KKG, perencanaan program KKKP untuk jangka waktu 1 tahun, (2) Perencanaan anggaran pendapatan dan belanja Gugus belum efektif masih perlu ditingkatkan lagi sumber dananya. Kedua, (1) pengorganisasian gugus PAUD meliputi kegiatan, pembuatan struktur organisai gugus, sudah sesuai petunjuk (2) penentuan dan penetapan mekanisme kerja gugus cukup efektif. Ketiga, Pelaksanaan program gugus PAUD : (1) Pelaksanaan program gugus melalui kegiatan gugus, kegiatan KKG, kegiatan KKKP sudah efektif tetapi belum optimal, (2) sistem pembinaan profesional sudah efektif . Keempat, Evaluasi program gugus PAUD sudah efektif namun perlu adanya laporan hasil evaluasi secara tertulis dan feed back dari lembaga yang mengevaluasi program demi perbaikan pelaksanaan program.

References

Creswell, W John. 2010. Research Design Qualititave & Qualitative Approaches, London : Sage Publication
Daryanto, 2013.Standartd Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogjakarta: Gava Media.
Fatah, Nanang. 2009. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fathurrohman, Pupuh dan Suryana, Aa. 2012. Guru Profesional. Bandung: Refika Aditama.
Hamalik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara.
Hellriegel dan Slocum. 1988. Management 5 th. New York: Graw Will.
Ibrahim, Adam. 2010. Teori, Prilaku, Dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.
Ivancevich, Gibson, Doneslly. 1987. Fundamental of Management. Singapura: Irwin Koootz, Harold. Donnell, Cyriil. 1984. Management . New York. Graw Will.
Molyono.2009. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Saud, Syaefudin, Udin. 2011. Pengembangan Profesi Guru.Bandung : Alfabeta. Sevilla,
Consuelo, dkk. 2006. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia.
Soewondo.2006. Standar Kompetensi dan Kinerja Guru. Jakarta.
Terry dan Franklin. 1982. Principles of Management. Amerika: Riichard D. Irwin.
Usman, Husaini. 2010. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Peraturan Presiden no 24. 2010. Pembinaan PAUD Formal dan Non Formal. . http://www.dikti.go.id/files/atur/Perpres24-2010.pdf. Diakses 10 Nopember 2015
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16.2007. Standart Kualifikasi AkademikKompetensiProfesionalGuru.http://www.dikti.go.id/files/atur/Permen16th2007Kompetensi Guru.pdf .diakses 12 Desember 2015.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58.2009. Standart Pendidikan AnakUsiaDini.,Jakarta.http://www.paudni.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/201208/permen_58_2009-ttg-standar-PAUD.pdf.diakses3 Desember 2015.
Undang-Undang RI No:20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta : Depdiknas. http//www.inherent-dikti.net/files/sisdiknas.pdf .diakses 17 Desember 2015.
Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005 .Guru dan Dosen. Jakarta. Depdiknas. http//www.dikti.go.id/files/atur/UU14-2005 Guru Dosen.pdf .diakses 18 Desember 2015.
Published
2018-09-22
Section
Articles