Analisis Korelasi Untuk Menentukan Hubungan Literasi Sains Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

  • Athaya Rahmah Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
  • Syahidah Rena Institus Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
  • M. Ubaidillah Al-Ghifary Institus Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Kata Kunci: Literasi Sains, Motivasi, Berprestasi, Pendidikan, Agama Islam

Abstrak

Abstrak: Pendidikan Agama Islam di SMK belakangan ini masih kurang menggembirakan. Dari segi hasil belajar dan motivasi untuk berprestasi dalam pelajaran tersebut masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan pelajaran lainnya, terutama pelajaran kejuruan. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam juga kurang dikaitkan dengan sains.  Hal ini diperparah dengan hasil literasi sains oleh PISA (Program Penilaian Pelajar Internasional) yang didapat negara kita juga sangat rendah. Oleh karena itu dipandang perlu untuk meningkatkan Pendidikan Agama Islam melalui motivasi berprestasi dan literasi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara literasi sains dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis korelasional. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil pengujian analisis korelasi menghasilkan korelasi yang positif dan signifikan antara literasi sains dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam, didapat harga koefisien Product Moment (R) sebesar 0,306 dengan kontribusi literasi sains, motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 9,40 % dan sisanya 91,60% dikontribusi oleh faktor-faktor lainnya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel X1 dan X2 berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Y, nilai r2 dari korelasi X1X2 dengan Y sebesar 0,094 artinya, variabel X1X2 menghasilkan korelasi positif dengan variabel Y.

Referensi

Armas Andi Ratna Khaerati, Ramlawati, Muhammad Syahrir, “Hubungan Antara Literasi Sains Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Kelas Xi Mipa Sma Negeri Se-Kota Makassar”, dalam Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 2 Nomor 2 Maret (Makassar: Universitas Negeri Makassar, 2019), 7.
D. A., Nurhidayah, “Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMP”, Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol 3, No.2 (Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2015), 3.
Fakhri, Jamal, Juni 2010, “Sains Dan Teknologi Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran”. Jurnal Ta’dib. Vol. XV, No. 01 Juni 2010 (Lampung: IAIN Raden Intan Lampung, 2010), 122.
Hamdu, Ghullam, & Agustina, Lisa, “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12 No. 1 April 2011: 90–96. http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu1.pdf, diakses pada tanggal 18 Juli 2021.
Guiderdoni, Bruno, Membaca Alam membaca Ayat. Terjemahan (Bandung: Mizan, 2014), 41.
Hilal, Abu Al-Askary, Al-Furuq Al-Lughawiyyah, (Beirut-Libanon: Dar al-Ilm wa-al-Thaqafah, 1998), 256.
Kemdiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, (Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum Kemendiknas, 2010).
Kiswoyowati, Amin, “Pengaruh motivasi belajar dan kegiatan belajar siswa terhadap kecakapan hidup siswa (studi tentang pembelajaran berorientasi kecakapan hidup di SMK Negeri 1 Losarang)”. Jurnal Penelitian Pendidikan 120–126, Edisi Khusus No. 1 Agustus 2011.
Mushthafa, M. “Agama dan Urgensi Literasi Sains” https://www.jawapos.com/minggu/buku/03/05/2020/agama-dan-urgensi-literasi-sains/, diakses pada tanggal 14 Juli 2021
Muspiroh, Novianti, “Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam)” https://media.neliti.com/media/publications/121011-ID-integrasi-nilai-islam-dalam-pembelajaran.pdf, Vol. XXVIII No. 3. Diakses pada tanggal 15 Juli 2021, (Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2013).
Nuraini, “Mengintegrasikan Agama, Filsafat, Dan Sains”, ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam. (Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2017), Email: Nuraini.Imutt@Gmail.Com.
Hasyim, Baso, “Islam Dan Ilmu Pengetahuan (Pengaruh Temuan Sains Terhadap Perubahan Islam)”. Jurnal Dakwah Tabligh, Vol. 14, No. 1, Juni 2013 : 127 – 139.

Periantolo, Jelpa, Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016), 186.
Permendikbud Nomor 464 Tahun 2018, Lampiran, Muatan A.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006, lampiran
“PISA 2015 PISA Results in Focus” https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf, (diakses 24 Agustus 2019).
Prasetiya, Benny, Samsul Hadi dan Khoiriyah, “Analisis Kuantitatif Korelasi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam”, dalam Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 11 No.2, Juli-Desember. Prodi Pendidikan Agama Islam (STAI Muhammadiyah Probolinggo, 2018). Email: prasetiyabenny@gmail.com.
Prihandijani, Elisabeth. “Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial terhadap Flow Akademik pada Siswa SMA “X” di Surabaya”. Tesis. Tidak diterbitkan (t.d). (Surabaya: Universitas Airlangga Surabaya, 2016).
Priyatno, Duwi, Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS (Yogyakarta: Gava Media, 2013), Cet. 1, 2013, 12-13.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Surakarta: Pustaka Belajar, 2009), 27.
Quraish, Shihab M., Tafsir al-Misbah. (Jakarta: Lentera Hati, 2002), juz 6, Cet.1.
Rahmat, “Implementasi Nilai-nilai Islam dalam Pendidikan Lingkungan Hidup”. Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 2, No.1 Februari – Juli 2004, 28.
S, Tri, “Hubungan Antara Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa, Stikes A. Yani Yogyakarta”. Tesis. (Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2010).
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2013), 128.
Sujarwo, “Motivasi Berprestasi sebagai Salah Satu Perhatian dalam Memilih Strategi Pembelajaran” https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/6858, Diakses pada tanggal 2 November 2019.
Sunhaji, Pembelajaran Tematik Integratif Pendidikan Agama Islam dengan Sains. (Yogyakarta: Pustaka Senja, 2016), 4.
Suratun, “Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah”. Jurnal Abdau. Vol. 1 No. 2 Desember 2018, P-ISSN: 2622-3902.
Diterbitkan
2021-09-28
Bagian
Articles