Implementasi Media Google Classroom pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Masa Pandemi Covid-19

  • Siti Kurniasih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ajat Rukajat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yayat Herdiana Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Google Classroom. Covid-19. SKI

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) mengalami perubahan sistem belajar menjadi daring. Karena itu diperlukan suatu media agar proses pembelajaran antara guru dan siswa tetap bisa berlangsung. Aplikasi Google Classroom dapat dijadikan sebagai media pembelajaran karena cukup membanu dan memudahkan guru dalam mengatur kelas, pendistribusian hingga penilaian tugas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi dari sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.

References

Alim, Nur, Wa Linda, Fahmi Gunawan, dan Mohd Shamsuri Md Saad. “The effectiveness of Google classroom as an instructional media: A case of state islamic institute of Kendari, Indonesia.” Humanities and Social Sciences Reviews 7, no. 2 (2019): 240–46. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7227.
Jamaluddin, Dindin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, dan Epa Paujiah. “Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi.” Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 2020, 1–10.
Jauhari, Moh. Irmawan. “Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam.” journal PIWULANG 1, no. 1 (2018): 54. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155.
Kusumaningrum, Farida, Salzabela Agustina, dan Afif Afghonani. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Media Google Classroom Efforts to Increase Student Activeness Through Online Learning Using Google Classroom Media” 30, no. 1 (2021): 59–66.
Lestari, Windy Selvy. “Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Masa Pandemi Ditinjau dari Media Pembelajaran.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 1689.
Megawanti, Priarti, Erna Megawati, dan Siti Nurkhafifah. “Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 7, no. 2 (2020): 75–82.
Putri S, Dhia Ghina Ramadhani, dan Rumyeni. “Communication Effectiveness of Online Media Google.” Jom Fisip 4, no. 01 (2017): 1–15.
Ramli, M. “Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al- Hadits.” Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 13, no. 23 (2015): 130–54.
Strauss, Anslem, dan Juliet Corbin. “Teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan.” Pengolahan Air Limbah Domestik Individual Atau Semi Komunal, 2007, 189–232.
sugiyono. “Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif.” Wacana 13, no. 2 (2014): 177–81.
Suhada, Idad, Tuti Kurniati, Ading Pramadi, Milla Listiawati, Prodi Pendidikan Biologi, Sunan Gunung, dan Djati Bandung. “Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19.” Digital Library UIN Sunan Gunung Jati 2019 (2020): 1–9.
Suhery, Suhery, Trimardi Jaya Putra, dan Jasmalinda Jasmalinda. “Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn 17 Mata Air Padang Selatan.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 3 (2020): 129–32. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90.
Wong, Ruth. “When no one can go to school: does online learning meet students’ basic learning needs?” Interactive Learning Environments 3 (2020): 1–17. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1789672.
Published
2021-11-20
Section
Articles