Peningkatan Pemahaman Karakter Islam melalui Penerapan Model Halaqah pada Mahasiswa Muslim Pendidikan Matematika

  • Abdillah IKIP PGRI Pontianak
  • Hartono Hartono IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman karakter islam melalui penerapan model halaqah pada mahasiswa muslim pendidikan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan dan dirancang menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian Aktivitas Dosen dan Murobbi dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model Halaqah pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam di salah satu kelas program studi pendidikan matematika IKIP PGRI Pontianak mengalami peningkatan secara signifikan terutama pada kegiatan memotivasi mahasiswa dalam mengaitkan pengalaman sehari-hari dan kemampuan mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dipahami. Aktivitas mahasiswa dengan penerapan model halaqah sebagian besar mengalami peningkatan, terutama pada kegiatan mengajukan pertanyaan mengenai materi yang dipelajari, memberikan alasan terhadap jawaban yang diberikannya dan partisipasi dalam menanggapi jawaban mahasiswa lain. persentase aktivitas guru dan mahasiswa sebagai berikut: persentase keterlaksanaan aktivitas guru yang diamati pada siklus kedua adalah sebesar 91% yang termasuk kategori sangat tinggi dan persentase keterlaksanaan aktivitas mahasiswa yang diamati pada siklus kedua adalah sebesar 89% yang termasuk kategori sangat tinggi.

References

Aritonang, L.A. & Elsap, D.S. (2018). Ana- lisis faktor yang mempengaruhi pe- ningkatan karakter dan motivasi be- lajar anak melalui pendidikan non formal (Studi kasus di bimbingan be- lajar aljabar). Jurnal Pendidikan Non- formal, 13(2), 85-91. DOI: http://dx.- doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p363- 369.
Atika, N.T., Wakhuyudin, H. & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pen- didikan karakter membentuk karak- ter cinta tanah air. Jurnal Mimbar Il- mu, 23(1), 105-113. DOI: http://dx.- doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467.
Barahate, Y. S. (2014). Role of a teacher in imparting value-education. Journal of Humanities and Social Science (IOSR- JHSS): International Conference on Ad- vances in Engineering & Technology – 2014 (ICAET-2014), 13-15. Retrieved from https://www.iosrjournals.org/- iosr-jhss/papers/ICAET-2014/- volume-1/4.pdf
Bashir, S., Bajwa, M., & Rana, S. (2014). Teacher as a role model and its im- pact on the life of female students. International Journal of Research Gran- thaalayah, 1(1), 9-20. DOI: https://- doi.org/10.5281/zenodo.884561.
Budiwibowo, S. (2013). Membangun pen- didikan karakter generasi muda me- lalui budaya kearifan lokal di era global. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(1), 39-49. DOI: http://doi.org/- 10.25273/pe.v3i01.57.
Budiyono & Harmawati, Y. (2017). Pe- nguatan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keteladanan guru dan orang tua pada siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional PPKn, 3(1), 1-10. Retrieved from http://pics.- unipma.ac.id/content/download/B00911052019040637Prosiding%204.pdf
Chaerulsyah, E.M. (2014). Persepsi siswa tentang keteladanan pahlawan nasio- nal untuk meningkatkan semangat ke- bangsaan. Indonesian Journal of History education, 3(1), 1-5. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/inde x.php/ijhe/article/view/3875.
Fink, A. (2011). How to sample in surveys. In how to sample in surveys (2nd edition). Thousand Oaks, CA: SAGE Publica- tion. Retrieved from https://us.sage- pub.com/en-us/nam/how-to-sam- ple-in-surveys/book225416.
Hadisaputra, P., Yussuf, A.B. & Kasim, T.S.A.B.T. (2020). Karakteristik guru dalam tradisi pendidikan Nahdlatul Wathan, Lombok. Jurnal At-Tafkir, 13 (1), 1-17. DOI: https://doi.org/10.32- 505/at.v13i1.1441.
Hafizin, K. & Ihsan, M. (2018). Nilai pendi- dikan karakter dalam wasiat renung- an masa TGKH. Muhammad Zainud- din Abdul Majid. Jurnal Al-Muta’- aliyah, 1(3), 19-55. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/ view/2997.
Hamdi, S. (2018). Integrasi budaya, pen- didikan, dan politik dalam Dakwah Nahdlatul Wathan (NW) di Lombok: Kajian biografi TGH. Zainuddin Ab- dul Madjid. Jurnal Sosiologi Walisongo, 2(2), 105-122. DOI: https://doi.org/- 10.21580/jsw.2018.2.2.2964.
Harmawati, Y., Abdulkarim, A. & Rahmad. (2016). Kajian nilai budaya tradisi Dieng Culture Festival sebagai kearif- an lokal untuk membangun karakter bangsa. Journal of Urban Society’s Arts, 3(2), 82-95. DOI: https://doi.org/- 10.24821/jousa.v3i2.1477
Haryanto. (2011). Pendidikan karakter me- nurut Ki Hadjar Dewantara. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidik- an (Edisi Khusus Dies Natalis UNY), 30 (1) 15-27. Retrieved from http://staf- fnew.uny.ac.id/upload/131656343.
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan karakter: Konsep & implementasi secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, & masyarakat. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Lickona, T. (2012). Mendidik untuk memben- tuk karakter: Bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Megawangi, R. (2016). Pendidikan karakter: Solusi yang tepat untuk membangun bangsa (5ed.). Depok: Indonesia Heri- tage Foundation.
Muliadi, A. (2020). Perbedaan gender da- lam sikap entrepreneur mahasiswa pendidikan biologi. Jurnal Ilmiah Man- dala Education, 6(2), 329-334. DOI: http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v4i- 3.1208.
Mulyasa. (2012). Manajemen pendidikan ka- rakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Muzakki. (2017). Peran kepemimpinan ke- pala sekolah berbasis kearipan lokal sasak dalam peningkatan kedisiplin- an kerja guru. EDUCATIO: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 19-30, from http://dx.doi.org/10.29408/edc.v12i 2.1298.
Nurchaili, (2010). Membentuk karakter sis- wa melalui keteladanan guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 233-244. DOI: https://doi.org/10.24832/- jpnk.v16i9.515.
Nurdiyanto, N., Resticka, G.A. & Mara- hayu, N.M. (2018). Penerapan nilai- nilai karakter Jenderal Soedirman melalui implementasi pembelajaran menulis kreatif dan berbicara pada siswa SMP Negeri 2 Banyumas. Jur- nal LPPM Universitas Jenderal Soedir- man Purwokerto, 8(1), 153-162. Re- trieved from http://jurnal.lppm.- unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosi- ding/ article/view/637.
Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Ke- bijakan nasional pembangunan karakter bangsa tahun 2010-2025. Jakarta: Kem- diknas RI.
Prasetyo, D. & Marzuki. (2016). Pembinaan karakter melalui keteladanan guru Pendidikan Kewarganegaraan di Se- kolah Islam Al Azhar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 215-231. DOI: https://doi.org/10.21831/-jpk.v6i2.12052.
Prasetyo, D., Marzuki & Riyanti, D. (2020). Pentingnya pendidikan karakter me- lalui keteladanan guru. Jurnal Har- mony, 4(1), 19-32. Retrieved fromhttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/311 53.
Rachman, F. & Hijran, M. (2019). Kajian ke- teladanan dalam memperkuat pendidikan Indonesia. Urecol Proceeding, 5 (1), 998-1003. Retrieved from http://- lpp.uad.ac.id/wp-content/uploads/- 2017/05/175-Fazli_Rachman-998- 1003.pdf.
Raharjo, A.S. (2013). Pengaruh keteladanan guru dalam interaksi teman sebaya. Jurnal Skripsi. Yogyakarta: Univer- sitas Negeri Yogyakarta.
Singarimbun, M. & Efendi, S. (2006). Metode penelitian survai (edisi revisi). Jakarta Barat: Pustaka LP3ES Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfa- beta.
Suparno. (2018). Analisis faktor-faktor pem- bentuk karakter smart siswa di se- kolah Islam terpadu. Jurnal Pendidik- an Karakter, 8(1), 62-73. DOI: https://- doi.org/10.21831/ jpk.v8i1.21675.
Sutjipto, (2011). Rintisan pengembangan pendidikan karakter di satuan pen- didikan. Jurnal Pendidikan dan Kebuda- yaan, 17(5), 501-524. DOI: https://- doi.org/10.24832/ jpnk.v17i5.45.
Taslimah. (2010). Pengaruh keteladanan orang tua dalam pendidikan agama materi terhadap akhlaqul karimah siswa (Studi kasus di SD Negeri Ke- candran 01 Salatiga tahun 2009/ 2010). Skripsi. Salatiga: Sekolah Ting- gi Agama Islam Salatiga.
Wandi, Musthofa, M.A. & Abidin, Z. (2019). Integrasi, interkoneksi “keis- laman, kebangsaan dan Nahdlatul Wathan” perspektif historis dari Nahdlatul Wathan untuk Indonesia. Jurnal Nur El-Islam, 6(2), 1-13. retriev- ed from https://ejurnal.iaiyasnibu- ngo.ac.id/ index.php/nurelislam/ar- ticle/view/124.
Wulandari, N.E. (2015). Efektivitas keteladanan guru dalam meningkatkan kesadaran shalat lima waktu siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Srumbung Magelang Jawa Tenggah. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Published
2022-07-06
Section
Articles