Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Samawa Sumbawa Besar

  • Muhammad Parhun stai nahdlatul wathan samawa

Abstract

Kegelisahan peneliti terhadap merosotnya akhlal generasi muda yang mendapat pendidikan di lingkungan Madrasah maupun di tingkat sekolah menengah atas. Pengimplementasian pendidikan karakter diharapkan mampu membentuk generasi yang bermoral dan berakhlak islami. Dengan pendidikan karakter juga dapat memberikan jalan keluar untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang baik di muka bumi melalui lingkungan  Madrasah maupun di luar Madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang Implementasi Pendidikan Karakter melalui Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif dengan mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Samawa Desa Labuhan Sumbawa Kecamatan Labuhan Badas Kabupaten Sumbawa provinsi Nusa Tenggara Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui bentuk implementasi pendidikan karakter melalui Pelajaran Aqidah Akhlak, kendala dan solusi dalam implementasi pendidikan karakter. Adapun analisis data menggunakan teknik deskriptif melalui tiga alur kegiatan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui pelajaran Aqidah Akhlak sebagai berikut: melalui pengajaran yang di lakukan oleh pendidik Aqidah Akhlak melalui Implementasi pendidikan karakter pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak pendidik menggunakan 3 cara: penjelasan, prilaku dan sikap. Faktor pendukung adalah Fasilitas, Silabus, RPP, Program Pemerintah, Susunan Visi dan Misi serta Guru Agama yang lain. Yang menjadi kendala adalah kurangnya inovasi pembelajaran kreatif. Adapun solusinya  adalah pendidik harus menentukan topic dan media ajar yang yang selektif.

References

Harjanto, Perencanaan Pengajaran (Jakarta:Rineka Cipta, 2006).
Livia, pembelajaran Berbasis Aktivitas Interaktif, sumber:http//www. Langkah pembelajaran komunikatif .blog.htm
Muchlas, Samani dan hariyanto,Konsep dan Model Pendidikan Karakter (Bandun: Remaja Rosda Karya, 2011).
Mumtaz, Fairuzul. To Be Smart Parents (yogyakarta: Dimond, 2011).
Rizki, Efektifitas Media Pembelajaran, Sumber: http//www.belajaivovatifdankreatif.rizki.blok.
Soejatmoko. Menjadi Bangsa yang Terdidik (Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2010).
Sukarta.Perkembangan Dan Pendidikan Anak Atau Peserta Didik Dalam Tinjauan Psikilogi Islam (Psikologi Pendidikan Islam)(materi Perkuliahan Psikologi pendidikan islam, IAIN Mataram, 10/2013).
Sumantri, Mulyani. Perkembangan Peserta Didik (Jakarata: Universitas Terbuka, 2007)
Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007)
Published
2021-09-28
Section
Articles